West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Alasan Karet Bushing Arm Rusak dan Ciri-Cirinya

Karet Bushing

Alasan Karet Bushing Arm Rusak dan Ciri-Cirinya

Karet Bushing

Apa yang membuat karet bushing arm bisa rusak? Sebenarnya ada beberapa faktor yang lumayan sering membuat komponen mobil ini jadi tidak bisa berfungsi dengan baik. Kalau karet bush arm rusak, kamu akan merasa tidak nyaman saat menyetir. Lantas, apa saja sih penyebabnya?

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Saja Penyebab Karet Bushing Arm Rusak?

Berikut ini telah kami rangkum beberapa penyebab atau faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan pada karet bush arm, yakni:

1. Umurnya Sudah Lama atau Tua

Alasan pertama karet bushing arm bisa rusak adalah karena usianya yang sudah lumayan tua. Jadi, kalo komponennya sudah berumur, itu bisa jadi penyebab kerusakan yang sering terjadi. Pada umumnya komponen ini sendiri punya masa pakai sekitar 5 tahun saja.

Namun, usia komponen mobil sangat tergantung pada seberapa sering mobil digunakan. Kalau komponen mobil sudah mencapai usia sekitar 5 tahun, sebaiknya pertimbangkan untuk segera melakukan penggantian. Sebetulnya ini adalah langkah antisipasi agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius nantinya.

2. Beban yang Dibawa Mobil Melewati Batas

Kedua, kalau mobil mengangkut beban melebihi kapasitas, maka bisa bikin karet bushing arm jadi rusak. Setiap mobil punya batasan berapa berat beban maksimal yang bisa dibawa sesuai aturan. Nah, kalau kamu melebihi batas beban yang diizinkan, itulah yang membuat komponen-komponen mobil rusak. Lagipula, jika beban terlalu berat, mobil juga bakal bekerja lebih ekstra.

3. Cara Pengemudi Ketika Berkendara

Terakhir, siapa sangka kalau cara mengemudi juga bisa jadi salah satu penyebab rusaknya karet bush arm. Terutama saat kamu lagi ngebut atau melewati jalan rusak/berlubang. Kalau kamu ngebut-ngebut di jalan yang jelek, tentu saja bisa bikin komponen mobil rusak. Jadi, sebaiknya hindari berkendara dengan kecepatan tinggi bila sedang melewati jalan yang jelek. Dengan begitu, karet bush arm mobil bakal tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Baca juga ini:  Memahami Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Stabilizer Mobil

Apa Ciri-Ciri Karet Bushing Arm Rusak? 

Di bawah ini kami sajikan beberapa tanda bahwa karet bush arm mobil mengalami kerusakan, yaitu:

1. Timbul Bunyi Decitan dari Bawah Jok Depan

Ciri pertama karet bushing arm rusak itu ada bunyi decit yang keluar dari bawah jok depan. Bunyi ini pasti bikin kamu kurang nyaman saat berkendara, bukan? Biasanya, suara decitan ini muncul gara-gara karetnya rusak akibat sering melewati jalan berlubang/jelek dengan kecepatan tinggi.

2. Mobil Terasa Tak Stabil

Ciri-ciri karet bushing arm rusak yang kedua bisa kamu lihat ketika mobil tidak stabil saat menyetir. Terutama waktu kamu ngebut, mobil seperti susah dikendalikan dan seakan berubah arah sendiri. Kalau kamu sudah mengalami hal begini, sebaiknya kamu langsung perbaiki karet bush arm. Sebab, jika tak diperbaiki, ini berisiko menimbulkan bahaya untuk kamu sendiri dan orang lain yang ada di sekitar mobil.

3. Muncul Suara yang Mengganggu Ketika Berkendara

Terakhir, kalau tiba-tiba ada suara yang mengganggu pas kamu lagi nyetir, itu bisa jadi salah satu tanda komponen ini rusak, lho. Biasanya, suara gangguan itu juga langsung terdengar dari arah dalam kabin mobil. Terutama bila kamu sedang membawa mobil di jalanan tak rata. Jika mobilmu menunjukkan tanda ini, segeralah lakukan perbaikan pada karet bushing arm.

Nah, jika kamu ingin mengganti karet bushing arm mobil yang rusak, kami rekomendasikan agar memakai produk dari Protoflex. Protoflex sendiri menyediakan bush arm untuk berbagai jenis mobil. Mulai dari ALPHARD / VELLFIRE ANH20 ANH30 GGH30 08-23, HONDA JAZZ GD3 CITY GD8 03-08, ALL NEW RUSH TERIOS 18-ON dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengecek website Protoflex untuk informasi lebih lanjut. 

Baca juga ini:  Simak Cara Membuat Handling dan Steering Mobil Pajero Sport Lebih Stabil dan Responsif

Lantas, mengapa kamu perlu mencoba Protoflex Karet Bushing Arm? Produk ini merupakan salah satu pilihan bagi kamu yang menginginkan keamanan serta performa baik saat berkendara. Di mana Protoflex Bush Arm memiliki kemampuan peredaman getaran yang mengoptimalkan kenyamanan berkendara.

Protoflex Karet Bushing Arm juga bukanlah produk biasa karena terbuat dari bahan polyurethane—material polimer campuran plastik dan karet. Produk ini dirancang untuk bertahan lama di bawah tekanan dan gesekan berat serta tetap stabil walau suhu dingin atau panas sekalipun.  

Selain itu, Protoflex Karet Bushing Arm juga tahan terhadap korosi dan aus. Kamu tidak perlu khawatir tentang melakukan perawatan berulang kali. Sebab, produk ini sendiri tahan lama sehingga bisa menghemat waktu dan uang. Jadi, dengan Protoflex, kamu bisa yakin bahwa mobil selalu dalam kondisi prima.

BACA JUGA: APA ITU LOWER ARM? PENGERTIAN, FUNGSI DAN TANDA-TANDA ADANYA KERUSAKAN

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.