West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Apa Itu Bushing Arm: Pengertian, Tanda-tanda Kerusakan dan Cara Memperbaiki

bushing arm

Apa Itu Bushing Arm: Pengertian, Tanda-tanda Kerusakan dan Cara Memperbaiki

bushing arm

Memiliki kendaraan membuat Anda bertanggung jawab untuk merawat dan memperhatikan kinerjanya. Ada begitu banyak komponen dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam kendaraan mobil adalah bushing arm.

Bushing arm ini mempunyai beberapa kegunaan. Karena sangat penting, maka jika tidak diperhatikan dan dirawat dengan betul akan menjadikan kinerja kendaraan Anda jadi buruk. Tentu sangat merepotkan apabila kerusakan yang terjadi tepat saat Anda membutuhkan kendaraan tersebut untuk bepergian.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Itu Bushing Arm?

Bushing arm ini merupakan komponen pada kendaraan mobil yang memiliki peran penting khususnya untuk bagian handling. Bentuknya sangat kecil dan menyerupai tabung dengan karet di bagian dalam. Biasanya bushing ini dipasang pada kaki-kaki mobil dan pastinya meskipun ukurannya cukup kecil, tapi kegunaannya tak bisa disepelekan begitu saja.

Komponen satu ini dapat meredam getaran pada mesin mobil Anda. Biasanya pergerakan yang dilakukan oleh mobil membuat kendaraan ini bergetar dan tentu saja berakibat tidak nyamannya para penumpang, sehingga ketika bushing arm mulai menunjukkan gejala rusak maka tandanya akan sangat jelas.

Tanda Kerusakan Pada Bushing Arm

Agar lebih memahami tentang kendaraan sendiri, Anda harus tahu apa saja tanda kerusakan dari bushing ini. Berikut penjelasannya!

1. Pergerakan Mobil Tidak Seimbang

Kegunaan dari bushing ini juga sebagai penyeimbang suspensi mobil, sehingga jika benda tersebut mulai rusak maka tandanya mobil terasa oleng atau melayang. Pada kecepatan tinggi, ketidakseimbangan ini justru akan sangat terasa dan cukup membahayakan bila tidak segera diatasi dengan baik.

2. Adanya Suara yang Cukup Mengganggu

Adanya suara yang mengganggu saat mobil dikendarai juga bisa menjadi tanda bahwa bushing ini Anda butuh diperbaiki. Apalagi jika berada di jalanan yang rusak maka akan terasa nyata suara tersebut bahkan masih bisa didengar walaupun Anda berada di dalam kabin.

Baca juga ini:  Simak Cara Membuat Handling dan Steering Mobil Pajero Sport Lebih Stabil dan Responsif

3. Karetnya Mulai Retak

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa bushing ini juga memiliki karet di bagian dalamnya. Nah, karet ini pun bisa retak apabila Anda sering kali berkendara di jalan rusak atau karena strut bar yang pecah. Jadi, harus selalu diperhatikan supaya kendaraan Anda tetap bisa digunakan dengan baik

4. Adanya Suara Berdecit di Jok Depan

Kerusakan lain bisa ditandai dengan adanya suara berdecit yang cukup mengganggu dari jok di bagian depan. Suara ini biasanya dihasilkan dari mesin yang ada di jok depan saling bergesekan satu sama lain. Jadi, bila tak ingin terganggu lagi maka segera cek ke bengkel untuk diperbaiki.

5. Ketidaknyamanan Saat Dikendarai

Hal ini sudah pasti, mengingat bushing ini sangat berperan penting untuk kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Anda mungkin bisa merasakannya seperti mobil yang tiba-tiba terasa merubah arah sedikit padahal setir mobil sedang tidak diputar.

Cara Memperbaiki Bushing Arm yang Benar

Bila Anda sudah tahu tanda kerusakannya, maka perlu membaca juga informasi terkait cara memperbaikinya. Untuk memperbaiki bushing arm ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti berikut ini.

  • Bongkar kaki-kaki mobil dengan menggunakan dongkrak jika diperlukan.
  • Ganti bushing arm yang lama dengan yang baru karena tentu saja yang lama sudah rusak.
  • Gunakan alat press bila terjadi kerusakan pada karet bushing arm, karena alat press ini mempermudah dalam melepasnya.
  • Ganti karet bushing dengan yang baru dan jangan lupa ketok pakai palu ke bagian dalam supaya karetnya bisa terpasang dengan lurus.
  • Jika sudah selesai memasang bushing arm, jangan lupa untuk memasang kembali kaki-kaki mobil seperti semula.

Untuk memudahkan pemasangan bushing arm apabila Anda tidak ingin repot, maka bisa datang ke bengkel saja dan terima beres. Karena jika dilakukan sendiri khawatir nantinya tidak terpasang dengan baik dan malah menambah kerusakan lain. Protoflex merupakan perusahaan penyedia bushing arm yang berkualitas dan terbaik di indonesia Segera cek stok bushing arm terbaik untuk kendaraan Anda di protoflex.id untuk lebih lengkapnya.

Baca juga ini:  Control Arm: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Cara Mudah Agar Bushing Arm tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Sebenarnya, cara paling mudah agar bushing arm tidak mudah rusak dan tahan lama adalah dengan mengganti bush arm dengan produk Protoflex. Protoflex menggunakan Polyurethane lebih unggul dibandingkan dengan karet karena memiliki daya tahan yang lebih besar terhadap tekanan dan gesekan, serta mampu mempertahankan fleksibilitasnya dalam berbagai kondisi suhu yang ekstrem. Dengan meningkatkan performa suspensi untuk pengalaman berkendara yang lebih baik, Protoflex memberikan stabilitas yang lebih tinggi, presisi handling yang lebih baik, serta respon yang lebih cepat. Selain itu, Protoflex juga menyediakan Lifetime Warranty atau Garansi Seumur Hidup untuk produknya yang berlogo ‘Lifetime Warranty’ pada kemasan. Kami memiliki beragam produk bush arm yang cocok untuk berbagai merk mobil seperti Innova, Fortuner, Pajero, dan banyak lagi. Untuk lengkapnya lagi Anda bisa mengunjungi Protoflex.id

Baca juga ini: STABILIZER AND BUSH ARM FOR WULING CORTEZ / ALMAZ

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.