West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Bunyi Jeduk Mobil Di Bagian Suspensi, Periksa 5 Komponen Ini!

Bunyi Jeduk Mobil Di Bagian Suspensi, Periksa 5 Komponen Ini!

Thumbnail

Ketika sedang mengendarai mobil terkadang ada saja bunyi jeduk mobil yang berasal dari bagian bawah. Hal ini terjadi karena di bagian tersebut ada komponen suspensi yang mengalami kerusakan. Ketika hal ini terjadi maka harus segera diatasi karena dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika sedang berkendara. Umumnya bunyi ini akan terdengar saat Anda melintasi jalan bergelombang dan rusak. Sementara itu, ketika melewati jalan beraspal bunyi tersebut tidak akan terdengar. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang menimbulkan suara jeduk tersebut di bagian kaki mobil

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Komponen yang Menimbulkan Bunyi Jeduk Mobil

Ada beberapa komponen yang posisinya ada di kaki mobil dan menimbulkan bunyi jeduk mobil dan berikut ulasannya:

1. Long Tie Rod

Komponen satu ini bisa menimbulkan suara jeduk dan akhirnya bisa berakibat kepada setir mobil yang cukup berat. Di dalam long tie rod ini terdiri atas beberapa komponen seperti ball joint, tie rod dan juga rack end. Semua komponen ini selalu bersinergi agak gerak kaki mobil selaras dengan setir 

Kerusakan pada komponen ini biasanya terjadi karena pengendara kurang berhati-hati saat melintasi jalan rusak. Apalagi jika jalannya rusak tentu komponen ini akan menerima berat yang sangat berat. Jika sudah demikian maka antar komponen akan bertabrakan dan akhirnya mengalami aus. 

2. Karet Bushing Arm

Karet bushing arm mobil merupakan komponen yang fungsinya untuk menahan getaran dari mesin dan ban. Sekilas bentuk dari komponen ini seperti botol dan ada pipa besi yang dilapisi karet. 

Ketika komponen ini rusak maka bisa juga menimbulkan suara jeduk-jeduk di bagian bawah mobil. Jika hal ini terjadi maka Anda bisa menggantikan dengan karet bushing arm yang baru agar kinerjanya semakin maksimal. 

Baca juga ini:  Cara Cek Kaki Kaki Mobil Bermasalah Almaz dan Cortez

3. Bushing Stabilizer

Selain komponen yang disebutkan di atas, bushing stabilizer juga bisa menjadi penyebab bunyi jeduk yang ada pada mobil. Tugas dari komponen ini adalah sebagai penyeimbang antara suspensi kiri dan kanan mobil. Beberapa faktor bunyi jeduk dari bushing stabilizer yaitu karena penggunaan yang lama, longgar dan juga tipis. Ketika komponen ini sudah rusak maka tidak ada cara dan satu-satunya solusi terbaik adalah mengganti dengan bushing stabilizer yang baru. 

4. Shocker Breaker

Bunyi jeduk mobil bisa juga disebabkan karena shock breaker yang mati ketika melintas di jalan yang rusak. Jika memang karena bagian ini, maka Anda bisa periksa terlebih dahulu untuk memastikan apakah benar-benar rusak. Sebab jika harus ganti baru maka biayanya tergolong cukup mahal.  

Untuk mengetahuinya bisa dengan cara quick check dan merasakan ayunan dari komponen tersebut. Jadi, ketika ada ayunan yang terasa naik turun ketika di jalan tidak rata maka bisa dipastikan komponen ini rusak. 

5. Karet Support

Ketika semua komponen di atas masih dalam kondisi bagus dan tetap ada bunyi jeduk mobil bisa juga karena karet supportnya. Posisi dari komponen ini tepat di atas shock breaker dan terkoneksi langsung ke bodi. Bunyi yang timbul karena komponen ini bisa karena aus atau menahan benturan antar bodi dan shock breaker. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti karet support yang baru. 

Bagi Anda yang ingin mengganti bushing arm berkualitas, maka Anda bisa langsung order di protoflex.id. Tersedia bushing arm dari berbagai merek mobil dengan harga terjangkau. Selain itu, dari sisi kualitasnya juga sangat bagus sehingga komponen bisa tahan lebih lama. Sehingga, bunyi jeduk mobil bisa dihindari dan kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima. 

Baca juga ini:  Review Instalasi Bushing Lower Arm Protoflex untuk Xpander Semakin Nyaman dan Tidak Limbung

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.