West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Bunyi Kaki-Kaki Mobil Yang Mengganggu? Ini Dia Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Blog thumbnail

Bunyi Kaki-Kaki Mobil Yang Mengganggu? Ini Dia Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Blog thumbnail

Bunyi kaki-kaki mobil merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Karena selain mesin, komponen yang ada di sana juga harus dirawat secara rutin. Komponen kaki-kaki tersebut merupakan bagian yang pertama kali bersentuhan secara langsung dengan permukaan jalan.

Komponen satu dengan lainnya merupakan satu kesatuan. Ada salah satu yang rusak, maka mobil Anda berada dalam masalah. Sehingga, membuat kendaraan kurang nyaman saat digunakan. Selain itu, kerusakan juga dapat menimbulkan bunyi kaki-kaki mobil aneh yang kadang sangat mengganggu Anda ketika berkendara.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Mengenali Bunyi Kaki-Kaki Mobil

Anda bisa mengetahui kerusakan pada salah satu komponen mobil melalui bunyi. Bagi pemilik mobil, sebaiknya Anda harus mengenali berbagai macam bunyi kaki-kaki mobil. Berikut ini berbagai bunyi aneh yang wajib dikenali:

1. Bunyi Klotok-klotok di Tie Rod

Ada satu komponen yang berfungsi untuk meneruskan pergerakan dari setir sampai ke area ban. Komponen tersebut adalah Tie Rod. Area ini bekerja sebagai pengerat roda dan juga menjadi penerus gaya belok dari kemudi. Sehingga, jalan mobil menjadi lancar.

Apabila terdengar bunyi aneh seperti klotok-klotok, bisa berarti ada yang rusak di bagian Tie Rod. Ada dampak yang akan ditimbulkan apabila Tie Rod rusak. Setir mobil milik Anda akan terasa kosong dan setir pun menjadi sulit dikendalikan. Apabila terdengar suara semacam itu, sebaiknya segera periksa. Agar nantinya mobil tersebut tidak menjadi malapetaka bagi penggunanya.

2. Bunyi Kletek-Kletek Pada Bagian Ball Joint

Ball joint sendiri memiliki bentuk seperti bola. Bentuk tersebut diciptakan untuk memudahkan komponen ini mengikuti kemana ban mobil berjalan. Sistem kerjanya mirip sekali dengan sendi putar pada lengan tangan.

Baca juga ini:  Apa Itu Upper Control Arm? Fungsi dan Cara Kerjanya

Nah, apabila terdengar bunyi Kletek-kletek pada bagian ini, sebaiknya Anda cek komponen tersebut. Karena, nantinya ditakutkan ada kerusakan parah pada Ball Joint. Hal ini sangat berbahaya apalagi ketika mobil sedang berbelok 

3. Bunyi Gemuruh di Bearing

Bearing juga salah satu dari komponen kaki-kaki mobil. Nama lain bearing adalah laker. Banyak orang menyebut bearing sebagai laker. Fungsi utama dari komponen ini adalah menciptakan gerakan sistem rotating.

Apabila komponen yang satu ini rusak, maka bisa membuat ban mobil mengeluarkan suara-suara aneh dan lebih condong mengganggu. Apalagi saat mobil berada di kecepatan rendah. Bunyinya semakin tidak enak didengar. Jika terjadi hal demikian, sebaiknya segera cek bearing dan lakukan perawatan dengan benar. Akan berdampak fatal apabila kerusakan ini terus dibiarkan. Selain mencelakakan penggunanya, hal ini juga bisa merusak ban mobil Anda. 

4. Bunyi Gluduk-Gluduk Pada Kaki Mobil

Karet bushing arm adalah salah satu dari komponen mobil yang memiliki fungsi penting. Letak komponen ini terdapat pada bagian roda mobil. Komponen tersebut terletak pada kaki-kaki mobil yang memiliki fungsi untuk meredam getaran atau gesekan mesin. Jika karet bushing arm menipis, maka hal ini dapat menyebabkan bunyi gluduk-gluduk yang mengganggu pada kaki mobil Anda.

Tips Menghadapi Kerusakan dan Bunyi kaki-kaki mobil 

Sebagian orang tentu akan panik apabila mendengar bunyi aneh yang sangat menggangu pada kendaraan. Ada beberapa tips menghadapi hal-hal demikian, berikut di antaranya:

  • Periksa terlebih dahulu kerusakannya.
  • Pastikan bahwa kerusakan diperiksa semua.
  • Bawa ke bengkel.

Keselamatan berkendara merupakan hal utama yang harus dikedepankan. Makanya, cek selalu kendaraan yang Anda miliki agar senantiasa terawat dan tidak ada kerusakan sehingga Anda terhindar dari bunyi kaki-kaki mobil yang mengganggu saat berkendara. 

Baca juga ini:  Review Instalasi Bushing Lower Arm Protoflex untuk Xpander Semakin Nyaman dan Tidak Limbung

Jika Anda sedang mencari bushing arm yang berkualitas, kami merekomendasikan protoflex.id. Di sana tersedia banyak bushing arm dan harganya pun sangat terjangkau. Ada banyak bushing arm berbagai merek mobil.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.