West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Bushing Karet vs Polyurethane: Perbedaan dan Keunggulan masing-masing

Blog thumbnail

Bushing Karet vs Polyurethane: Perbedaan dan Keunggulan masing-masing

Blog thumbnail

Banyak orang yang lebih menyamakan antara bushing karet dan polyurethane meskipun keduanya ada perbedaan. Mereka menyamakan keduanya karena dari bahan sama namun ternyata dari sisi struktur kualitas dan fisiknya.

Kedua bahan ini merupakan bahan yang sering digunakan di berbagai produk di sektor industri manufaktur, otomotif dan yang lainnya. Misalnya sepatu bot dan ban yang keduanya merupakan bahan dari karet dan polyurethane. Meski sama namun dari tingkat elastisitas tergolong tinggi dan ada perbedaan dari keduanya. 

Selain itu, bahan ini juga sering digunakan untuk keperluan tire, gasket, suku cadang, hose dan yang lainnya. Hal yang paling terlihat itu pada suspensi kendaraan dan proses pembuatannya dibuat dengan sifat yang berbeda. 

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Apa itu Karet?

Karet merupakan elastomer dan memiliki sifat elastis dan terdiri dari dua macam yaitu alami dan sintetis. Namun untuk beberapa produk otomotif dan yang lainnya lebih banyak menggunakan karet sintetis. 

Bahan ini tergolong populer karena dari sepertiga produksi tahunan karet ini menggunakan yang bahan sintetis. Umumnya karet ini digunakan untuk keperluan otomotif baik mobil, bus, pesawat terbang dan yang lainnya. 

Apa itu Polyurethane?

Polyurethane merupakan bahan sintetis yang didalamnya dibuat dari senyawa organik dengan carbamate link. Dari kedua campuran ini, carbamate ini memang lebih unggul karena mempengaruhi pada elastisitas material dan tingkat fleksibilitas. 

Karena dibuat dari bahan itu maka bahan ini lebih banyak digunakan sebagai pengganti logam, kayu, cat dan kapas. Hal ini bisa dilihat pada busa pada kasur dan furniture, kursi kalengan itu semuanya menggunakan polyurethane. 

Perbedaan dan Keutamaan Bushing Karet dan Polyurethane

Karena banyak yang menyamakan maka kamu perlu mengetahui perbedaan serta keunggulan dari keduanya. Untuk lebih jelasnya berikut keunggulan dan perbedaan antara bushing karet dan polyurethane:

Baca juga ini:  Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Tahan Lama

Dari ketahanannya baik bushing karet atau polyurethane ini memiliki sifat yang fleksibel dan elastis. Namun jika dibandingkan, polyurethane dinilai lebih tahan lama dari pada karet. Dikatakan demikian karena bahan ini membutuhkan paparan terus-menerus atau perlu melakukan peregangan secara berulang. 

Tidak hanya itu, polyurethane juga punya tingkat kelenturan yang lebih dan banyak memiliki kekuatan. Karena itu maka saat digunakan di produk otomotif, umumnya bahan ini bisa bertahan selama masa pakai kendaraan. 

Beberapa produk otomotif dengan bahan polyurethane ini seperti bumper, spoiler, spakbor, dll. Sedangkan untuk karet ini memang lebih tahan lama namun masih tergolong rentan degradasi karena dari tekanannya berulang. 

Efektivitas

Untuk perbedaan lain bisa dilihat pada efektivitasnya dan di bagian ini jelas bushing karet lebih unggul. Karena itu maka karet lebih banyak digunakan untuk membuat ban dan beberapa produk lain seperti bushing, gasket, seal dan yang lainnya. 

Khusus untuk produk bushing, bahan karet tergolong lebih efektif karena mampu meredam dan menyerap kebisingan jalan. Karena itu dalam membuat suku cadang, bahan karet memang dinilai lebih bagus untuk polyurethane. 

Harga

Untuk harga, karet memang dinilai lebih murah daripada polyurethane dan ini alasan kenapa suspensi kendaraan menggunakan bahan tersebut. Pilihan pada karet karena polyurethane dari sisi mentahannya tergolong lebih mahal daripada karet atau sintetis. 

Tidak hanya itu dari sisi proses produksi, polyurethane juga punya proses yang lebih kompleks. Karena itu dari sisi biaya produksi jelas lebih mahal poliuretan daripada yang menggunakan bahan karet. Dengan keterangan seperti di atas, saat kamu membutuhkan bushing karet atau keperluan lain bisa order di https://protoflex.id/. Semua produk tentang bushing ada di situs tersebut dan menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga ini:  Cara Mudah Memilih Shockbreaker Mobil Terbaik

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.