West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Cara Memilih Shockbreaker Mobil Belakang yang Tepat

shockbreaker mobil belakang

Cara Memilih Shockbreaker Mobil Belakang yang Tepat

shockbreaker mobil belakang

Komponen suspensi belakang mobil yang disebut sebagai shockbreaker berperan dalam menyerap guncangan dan getaran dari permukaan jalan, sehingga memastikan agar roda belakang tetap menjaga kontak yang optimal dengan jalan.. Dengan demikian, shockbreaker membantu mengurangi goncangan yang dirasakan oleh penumpang dan mempertahankan stabilitas mobil. Memilih dan memasang shockbreaker mobil belakang yang tepat sangat penting agar mobil Anda tetap nyaman, aman, dan stabil. Berikut ini adalah cara untuk memilih dan memasang shockbreaker mobil belakang yang tepat.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Cara Memilih Shockbreaker Mobil Belakang

1. Pilih Sesuai dengan Jenis Mobil

Tiap kendaraan memiliki karakteristik dan kebutuhan suspensi yang unik. Sebelum memilih shockbreaker, pastikan untuk memilih yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Pilih yang cocok untuk mobil sedan, SUV, atau mobil olahraga.

2. Pertimbangkan merek dan Kualitas

Merek dan mutu shockbreaker sangat berdampak pada kinerja dan daya tahan shockbreaker. Pilih merek yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik. Lebih baik pilih shockbreaker yang terbuat dari bahan berkualitas dan awet.

3. Perhatikan Tipe Suspensi Mobil

Petunjuk dalam memilih shockbreaker mobil berikutnya adalah tipe suspensi mobil juga mempengaruhi pemilihan shockbreaker. Ada beberapa tipe suspensi seperti MacPherson, double wishbone, torsion beam, dan lain-lain. Pastikan untuk memilih shockbreaker yang sesuai dengan tipe suspensi mobil Anda.

4. Sesuaikan dengan Penggunaan Mobil

Penggunaan mobil juga berpengaruh pada pemilihan shockbreaker. Apabila mobil digunakan dalam lingkungan perkotaan, disarankan untuk memilih shockbreaker yang memberikan kenyamanan dan responsif. Tetapi, apabila mobil digunakan untuk aktivitas di luar jalan raya atau dalam situasi di mana kondisi jalannya sulit, disarankan untuk memilih shockbreaker dengan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

Baca juga ini:  Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Perawatannya

5. Perhatikan Harga

Petunjuk dalam memilih shockbreaker mobil yang terakhir adalah perhatikan harganya. Harga juga merupakan faktor penting dalam memilih shockbreaker mobil. Perlu dipastikan untuk memilih shockbreaker yang cocok dengan anggaran yang dimiliki, namun jangan mengompromikan kualitasnya hanya demi mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Ciri Ciri Shockbreaker Mobil yang Bagus

 Agar dapat mengenali ciri-ciri shockbreaker mobil yang memiliki kualitas baik, perhatikanlah faktor-faktor berikut ini.

1. Tidak mengalami keausan

ciri ciri shockbreaker mobil yang baik adalah ketahanannya terhadap keausan.  Jika terdapat tanda-tanda keausan tidak merata pada shockbreaker mobil, baik pada satu atau beberapa ban saja, baik di bagian dalam atau luar, itu menandakan bahwa shockbreaker telah mengalami kelemahan. Selain itu, kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidaksesuaian pengaturan keseluruhan sistem kaki-kaki. Jika situasinya seperti ini, disarankan untuk melakukan spooring pada mobil. Namun, jika keausannya parah, mengganti ban mobil menjadi alternatif solusi lainnya.

2. Kestabilan posisi

Ciri lain dari shockbreaker yang berkualitas adalah mampu menjaga stabilitas mobil. Shockbreaker yang rusak dapat membuat mobil berada dalam posisi yang tidak seimbang dan condong pada salah satu sisi. Umumnya, keadaan tersebut sering terlihat pada komponen shockbreaker di sisi kiri kendaraan. Jika hal ini terjadi, penyebabnya mungkin karena shockbreaker sudah tidak mampu meredam benturan yang kuat secara berulang.

3. Tidak mengalami kebocoran

Shockbreaker yang berkualitas tidak akan mengalami kebocoran. ciri ciri kebocoran pada shockbreaker hanya berlaku untuk jenis shockbreaker yang menggunakan oli atau cairan. Jika terlihat adanya cairan bocor, biasanya disebabkan oleh adanya kotoran yang menempel dan merusak segel karet.

Penyebab lain dari kebocoran oli shockbreaker bisa disebabkan oleh pemasangan yang tidak benar pada bagian upper mounting, beban yang terlalu berat, sering melewati jalan rusak, atau memaksakan belokan kemudi.

Baca juga ini:  Cara Merawat Komponen kaki kaki mobil avanza

4. Tidak mengalami ayunan berlebihan

Salah satu ciri kualitas baik pada shockbreaker mobil adalah absennya ayunan berlebihan. Seiring berjalannya waktu, bagian belakang shockbreaker menjadi rentan terhadap kerusakan. Fungsi bagian ini adalah untuk meredam guncangan saat mobil bergerak melalui permukaan jalan yang tidak rata.Untuk mengetahui ciri ciri kerusakan pada bagian shockbreaker, salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat, salah satu ciri dari shockbreaker mobil yang berkualitas adalah mampu memberikan kenyamanan berkendara yang baik.

Jaga Shockbreaker agar Lebih Awet dengan Bump Stop dari Protoflex

Setelah mengetahui mengenai cara memilih dan ciri-ciri shockbreaker yang bagus, penting bagi Otolovers untuk mengenal komponen bernama Bump stop atau juga dikenal sebagai stopper shock. Bump stop ini biasa terpasang pada batang shockbreaker dan berperan penting pada kenyamanan suspensi dan juga membantu shockbreaker semakin awet.

BACA JUGA: MENJAGA SHOCKBREAKER TETAP AWET DENGAN BUMP STOP

Berbeda dengan bump stop bawaan pabrik yang biasanya terbuat dari bahan karet (rubber), bump stop Protoflex dibuat menggunakan bahan microcellular polyurethane foam yang umumnya dipergunakan pada kendaraan mewah seperti BMW atau Mercedes Benz sehingga dapat membuat rasa lebih nyaman dan empuk saat melewati polisi tidur atau jalan berlubang.

Tertarik dengan produk Protoflex Bump Stop? Otolovers bisa bertanya dan melakukan konsultasi kebutuhan bump stop untuk kendaraan Anda melalui WA Customer service Protoflex di 0818950595.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.