West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Ciri-Ciri karet Stabilizer Mobil Anda Mengalami Kerusakan

Blog thumbnail

Ciri-Ciri karet Stabilizer Mobil Anda Mengalami Kerusakan

Blog thumbnail

Stabilizer Mobil dikenal dengan istilah Anti-Roll Bar atau Sway Bar. Yang artinya komponen tersebut dirancang pabrikan mobil untuk mengurangi kecenderungan body mobil saat bergoyang (roll), pada waktu melakukan manuver atau melewati jalan yang tidak rata, belokan hingga bebatuan. Komponen ini dapat meningkatkan kestabilan mobil dengan meminimalkan pergerakan lateral atau miring dari sisi ke sisi.

Ingin berkonsultasi terkait produk Karet Stabilizer? Hubungi Kami di 0818950595

Batang stabilizer mobil berfungsi menghubungkan suspensi kiri dan kanan mobil. Fungsi stabilizer ini bekerja dengan menggunakan batang logam lentur yang dapat membantu untuk membagi beban secara merata terhadap suspensi sehingga komponen ini mampu mengurangi kemungkinan bergoyang atau miring secara berlebihan.

Batang stabilizer ini dipegang oleh karet pada sisi kiri dan kanan terhubung kepada chassis kendaraan. Karet stabilizer inilah yang akan menahan tekanan ketika batang stabilizer bekerja untuk membuat mobil stabil dan menyerap getaran dari guncangan. Tanpa karet stabilizer ini, maka fungsi dari Stabilizer tidak akan bekerja dan dapat menyebabkan banyak permasalahan pada bagian kaki kaki mobil termasuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Seiring berjalannya waktu, karet stabil dapat mengalami kerusakan, mengeras, terjadi retakan akibat termakan usia. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga karet stabilizer ini dalam kondisi baik. Sebaiknya, Anda ketahui lebih dalam beberapa ciri di bawah ini:

Inilah Ciri Utama Karet Stabilizer Mobil Anda Rusak

Stabilizer Mobil adalah komponen penting dalam sistem kaki – kaki mobil yang membantu mengontrol kestabilan dan kecenderungan body mobil untuk bergoyang saat bermanuver. Berikut adalah beberapa ciri utama yang menunjukkan adanya kerusakan pada komponen tersebut;

1. Bunyi Berderit atau Berdecit

Jika Karet Stabilizer Mobil Anda mengalami kerusakan, Anda mungkin mendengar bunyi adanya berderit atau berdecit saat melintasi jalan yang tidak rata. Bunyi ini bisa terjadi karena gesekan antara bagian – bagian stabilizer yang aus atau longgar. Terlebih ketika komponen tersebut berkarat, penyok atau patah. Tentunya bunyi tersebut akan terus meningkat, lama – kelamaan laju mobil Anda akan limbung. Sebaiknya periksa secara berkala untuk memastikan komponen tersebut tetap halus dan utuh. Jemur mobil beberapa saat setelah terkena hujan agar besi pada kaki – kaki mobil tetap terjaga dengan baik.

Baca juga ini:  Mitsubishi Pajero Anda Limbung? Pakai Karet Stabilizer Ini Saja

2. LIMBUNG Pada Saat Bermanuver

Anda mungkin merasakan mobil semakin bergoyang atau tidak stabil saat melakukan manuver seperti berbelok tajam atau berpindah jalur. Hal ini disebabkan karena hilangnya kontrol atas body mobil yang seharusnya dikendalikan oleh stabilizer. Selalu cek secara berkala pada bagian bawah mobil hingga Anda tidak menemukan keausan pada karet stabilizer atau komponen penting lainnya.

3. Miring ke Satu Sisi saat Bermanuver

Adapun ciri-ciri lain yang menunjukkan mobil Anda mengalami kerusakan yaitu cenderung miring ke satu sisi saat melakukan manuver. Anda mungkin merasa bahwa mobil lebih condong ke sisi lain saat berbelok atau saat melewati jalan yang berlubang. Banyak hal dapat menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya diakibatkan oleh karet stabilizer yang sudah usang. Itu artinya mobil Anda harus segera dilakukan pengecekan sesegera mungkin.

4. Perubahan Pada Respon Kemudi

Karet stabilizer yang rusak dapat mempengaruhi respon kemudi pada mobil. Anda mungkin merasakan perubahan pada sensitivitas setir, kekakuan atau kelembutan setir atau kesulitan dalam mengendalikan arah mobil. Anda direkomendasi untuk melakukan pengecekan pada bagian kaki kaki mobil.

5. Keausan Pada Ban Mobil Yang TIdak Merata

Jika karet stabilizer tidak berfungsi dengan baik, beban yang diberikan pada ban mungkin tidak merata. Ini dapat menyebabkan keausan pada permukaan ban. Sehingga, bagian – bagian tertentu lebih cepat aus dari pada komponen yang lainnya.

6. Pergeseran Pada Baut dan Klem

Dan ciri kerusakan stabilizer yang terakhir adalah menyebabkan pergeseran pada baut dan klem yang menghubungkannya dengan komponen lain di sistem kaki – kaki mobil. Anda mungkin melihat baut yang berkarat, kendur, klem yang rusak atau ahkan retakan pada bagian yang menghubungkan stabilizer. Jika itu terjadi, kencangkan atau ganti baut baru untuk menjaga stabilitas laju mobil Anda. Jika Anda mencurigai adanya kerusakan pada Karet Stabilizer Mobil berdasarkan ciri-ciri di atas, sebaiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya. Mereka akan dapat melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam dan memberikan perbaikan yang diperlukan untuk memulihkan kinerja stabilizer dan menjaga kestabilan mobil Anda.

Baca juga ini:  Atasi Lower Arm mobil Nissan Livina yang Bermasalah dengan Ini

gunakan karet stabilizer protoflex DENGAN GARANSI SEUMUR HIDUP

Mengganti atau melakukan upgrade karet stabilizer kendaraan Anda dengan karet stabilizer dari Protoflex merupakan solusi terbaik untuk kendaraan Anda karena terbuat dari bahan Polyurethane yang lebih awet daripada bahan karet dan membuat mobil lebih stabil.

Konsultasikan kebutuhan Anda mengenai Karet Stabilizer dan komponen kaki kaki kendaraan Anda dengan kami melalui WA 0818950595.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.