West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Control Arm: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

control arm

Control Arm: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

control arm

Tahukah kamu bahwa sistem suspensi di mobil tuh benar-benar penting? Sebab, inilah yang bikin kita merasa nyaman sewaktu berkendara. Nah, ada salah satu komponen vital yang disebut dengan control arm. Ini merupakan bagian penting di dalam suspensi yang ada di bawah mobil dan langsung terhubung sama body mobil kamu. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan bahas lebih lebih lanjut mengenai control arm.

BACA JUGA: ATASI MASALAH KARET STABILIZER DEPAN AVANZA CUMAN 200RIBU

Apa yang Dimaksud Control Arm?

Kamu pernah dengar tentang control arm? Nah, ini adalah bagian suspensi yang punya 1 sambungan di satu ujungnya sekaligus 2 sambungan di ujung yang lain. Biasanya, komponen tersebut berada di sisi sasis. Kita sering juga menyebutnya sebagai A-arm ataupun wishbone.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Kemudian kamu juga harus tahu bahwa bentuk control arm itu sesuai dengan sistem suspensi yang digunakan, lho. Maksudnya bagaimana? Contohnya, apabila kamu pakai sistem double wishbone, biasanya control arm-nya akan berbentuk seperti huruf A. Sedangkan, kalau sistem mobilmu ternyata macpherson, maka control arm-nya akan berbentuk huruf L.

Jenis-jenis Control Arm Mobil

Sebetulnya, control arm sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu upper arm dan lower arm. Apa perbedaan keduanya? Yuk cek penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Upper Arm

Apa itu upper arm? Upper arm merupakan salah satu komponen yang sering kita sebut sebagai lengan ayun atas. Nah, bagi kalian yang mobilnya pakai suspensi multi-link atau double wishbone, maka kamu akan menemukan upper arm terpasang di sana. 

Upper arm adalah bagian yang langsung terhubung dengan rangka mobil melalui bushing atau shaft yang diolesi pelumas grease. Selain itu, bagian ini pun punya tugas penting, yaitu menjaga knuckle arm, komponen rem, roda, dan axle shaft tetap berada dalam posisi yang benar. Bahkan, upper arm juga berperan dalam mengatur sudut kemudi mobil seperti camber.

Baca juga ini:  Menjaga Shockbreaker Tetap Awet dengan Bump Stop

2. Lower arm

Kalau upper arm dikenal sebagai lengan ayun atas, lower arm merupakan lengan ayun bagian bawahnya. Lower arm sendiri berperan sebagai tulang punggung yang mendukung knuckle arm bagian bawah, yang terhubung erat dengan ball joint, sementara sisi lainnya bersambung dengan rangka mobil. Nah, fungsi lower arm yang lain adalah sebagai pengendali gerakan roda mobil, baik saat roda naik turun atau saat mobil bergerak maju mundur. Jadi, komponen ini sangat penting dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan perjalanan.

Apa Saja Fungsi Control Arm?

1. Mengontrol Pergerakan Roda Mobilmu

Pertama, control arm berperan penting dalam mengendalikan pergerakan roda mobilmu. Saat kamu mengemudi di jalan, maka roda akan selalu menyesuaikan diri dengan kondisi jalanan. Entah itu ketika mobil akan bergerak maju, mundur, bergerak ke atas, ataupun turun. 

Ketika kamu memutar kemudi, maka roda akan merespons dengan berbelok bersamaan. Lower arm berada di ujung luar, sedangkan knuckle terhubung erat lewat ball joint. Semua komponen ini berkerja sama untuk memastikan roda mobil bergerak dengan responsif.

2. Membantu Meredam Guncangan

Selain itu, control arm juga memiliki hubungan penting dengan shock absorber. Itu berarti, ketika kamu menghadapi guncangan di jalan, komponen satu ini bekerja sama dengan shock absorber untuk meredamnya. Sehingga sudut kemiringan roda tetap terjaga dengan baik dan kamu sebagai pengemudi bisa merasa aman saat mengendarai mobil.

3. Menjadi Penopang Knuckle

Selanjutnya, kamu perlu tahu kalau control arm punya peran penting sebagai penopang knuckle di roda mobil. Knuckle ini terletak berdampingan bersama hub dan rem, dan berkat kehadiran komponen ini, knuckle dan rem dapat bergerak secara leluasa. Serta membantu menjaga keseimbangan dan kinerja roda mobil saat sedang berkendara.

Baca juga ini:  Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek, Berikut Ini Penyebabnya

Upgrade Bushing Control Arm Mobilmu Pakai Protoflex!

Seperti yang kami jelaskan di atas, control arm ini sangat penting sekali. Soalnya, kalau roda mobil dan kemudi tidak bergerak dengan seirama, bisa-bisa mobil jadi sulit untuk dikendalikan. Jadi, selalu pastikan bahwa komponen yang satu ini dalam kondisi baik, ya. Ada baiknya apabila kamu melakukan service secara rutin juga agar tahu apakah ada kerusakan atau tidak.

Nah, kalau bushing control arm mobil rusak, kami sarankan agar kamu melakukan penggantian atau upgrade pakai produk Protoflex saja! Salah satu contohnya adalah Protoflex bushing control arm belakang (bawah) INNOVA 04-ON. Apabila tipe mobilmu berbeda, jangan khawatir, cek saja daftar lengkap tipe mobilnya di sini.

Di mana bushing control arm Protoflex memiliki performa dan kualitas tinggi karena terbuat dari polyurethane. Material ini punya ketahanan terhadap suhu, air, kimia dan cuaca sehingga dapat bertahan seumur hidup mobil. Terlebih lagi, sekarang Protoflex memakai Silicone-based PTFE Grease yang diformulasikan khusus untuk memberikan ketahanan dan performa terbaik pada Polyurethane Bushing. Selain itu, produk ini juga mampu mengurangi resiko oversteer yang akan meningkatkan keamanan berkendara. Dan menariknya lagi, Protoflex dengan bangga memberikan jaminan garansi seumur hidup pada semua produknya, lho. 

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk upgrade control arm mobil pakai Protoflex? Yuk ikut rasakan bagaimana kualitas karet bushing Protoflex!

BACA JUGA: KEUNGGULAN KARET SUSPENSI / BUSHING KARET POLYURETHANE PADA MOBIL

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.