West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Fungsi Link Stabilizer Avanza

link stabilizer avanza

Fungsi Link Stabilizer Avanza

link stabilizer avanza

Penting bagi setiap mobil avanza untuk memiliki link stabilizer avanza yang terletak di bagian kaki-kaki mobil. Stabilizer ini memainkan peran penting dalam kinerja mobil, oleh karena itu perawatannya harus diperhatikan dengan baik agar mobil dapat berfungsi optimal. Tidak adanya komponen link stabilizer avanza ini akan mengganggu laju mobil, yang akan berdampak negatif pada kenyamanan dan juga keamanan. Sebagai pemilik mobil, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang link stabilizer avanza yang digunakan pada mobil Avanza Anda.

Mengenal Link Stabilizer Avanza

Sesuai dengan namanya, komponen ini memiliki fungsi pokok dalam mempertahankan keseimbangan mobil. Bentuknya adalah sebuah batang logam panjang yang terletak di bawah mobil. Material besi yang digunakan memiliki kekuatan yang sangat baik dan mampu menahan puntiran. Pada ujung-ujungnya, komponen ini terhubung dengan suspensi mobil di sisi kanan dan kiri. link stabilizer avanza memiliki masa pakai yang sangat panjang, sehingga jarang mengalami kerusakan kecuali dalam situasi kecelakaan.

Kerusakan biasanya terjadi pada karet bushing yang berfungsi sebagai penyangga stabilizer, bukan pada batang besi itu sendiri. Kerusakan juga mungkin terjadi pada link stabilizer avanza. Karena itu, kedua komponen yang terhubung dengan stabilizer perlu mendapatkan perawatan secara rutin. Karet bushing dapat menjadi getas atau mengeras seiring dengan bertambahnya usia penggunaan. Ketika komponen ini mengalami keausan, kenyamanan saat berkendara akan terganggu. Gejala-gejala dan fungsi-fungsi dari stabilizer link dapat Anda lihat berikut ini.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Fungsi Link Stabilizer pada Mobil

Sebagai salah satu komponen suspensi mobil, peran dari link stabilizer avanza tidak hanya terbatas pada menjaga stabilitas kendaraan. Terlebih lagi, komponen ini dirancang dengan kekuatan yang tinggi agar tidak mudah patah saat digunakan. Berikut adalah beberapa fungsi link stabilizer avanza yang perlu Anda ketahui.

Baca juga ini:  Review Instalasi Bushing Lower Arm Protoflex untuk Xpander Semakin Nyaman dan Tidak Limbung

1. Mengurangi Efek Limbung pada Mobil

Ketika mobil berbelok, mobil yang tidak dilengkapi dengan link stabilizer avanza akan terasa tidak stabil saat dikemudikan. Baik pengemudi maupun penumpang pasti akan merasakan ketidaknyamanan. Namun, dengan adanya link stabilizer, efek limbung akan berkurang. Komponen ini bekerja untuk mengurangi kemiringan mobil saat berbelok, sehingga mobil tetap nyaman dikendarai.

2. Menjaga Stabilitas Mobil dalam Segala Kondisi

Stabilitas mobil sangat penting saat berada di jalan, baik saat berbelok maupun saat melaju lurus. Stabilitas mobil tidak hanya tergantung pada pengaturan spooring dan balancing ban. Link stabilizer avanza juga diperlukan untuk menjaga stabilitas mobil saat berbelok atau melaju lurus.

3. Meningkatkan Daya Cengkram Ban Mobil

Ban mobil adalah bagian kendaraan yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Ban dirancang agar memiliki daya cengkram yang baik dan tidak licin saat melaju di atas aspal. Selain kualitas ban, stabilizer link juga berperan dalam meningkatkan daya cengkram ban terhadap aspal. Hal ini membantu mencegah tergelincirnya mobil.

4. Menjamin Kinerja Optimal Stabilizer Bar

Fungsi selanjutnya adalah memastikan stabilizer bar bekerja secara optimal pada setiap sudut roda. Beberapa jenis suspensi terhubung langsung dengan shock absorber. Koneksi ini memungkinkan shock absorber mengikuti sudut putaran roda saat roda berbelok ke sudut maksimal. Namun, hal ini dapat menyebabkan pergeseran sudut pada stabilizer bar. Untuk memastikan kinerja stabilizer bar bekerja dengan baik, dibutuhkan stabilizer joint link berjenis ball joint. Hal ini memungkinkan stabilizer bar bekerja optimal pada sudut apapun.

5. Membantu Suspensi Meredam Guncangan

Kestabilan mobil berarti guncangan yang terjadi tidak akan terasa oleh pengemudi. Kemampuan suspensi untuk meredam guncangan sangat penting, dan link stabilizer juga berperan dalam hal ini. Anda dapat membuktikannya dengan menonaktifkan link stabilizer dan mengemudi melalui jalan yang buruk. Anda akan merasakan guncangan yang keras dan sulit melakukan manuver. Selain itu, saat berbelok tajam, mobil akan terasa limbung dan tidak nyaman.

Baca juga ini:  Bunyi Jeduk Mobil Di Bagian Suspensi, Periksa 5 Komponen Ini!

Protoflex Link Stabilizer

Protoflex menyediakan link stabilizer dengan kualitas tinggi, salah satu cara efektif untuk meningkatkan performa dan ketahanan mobil Anda adalah dengan menggunakan protoflex link stabilizer yang terbuat dari Polyurethane. Polyurethane dikenal sebagai material yang lebih tahan lama dan tahan terhadap penggunaan dibandingkan dengan bahan karet tradisional.

Keandalan produk Protoflex yang menggunakan Polyurethane didukung oleh garansi seumur hidup. Garansi tersebut memberikan kepastian bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan suspensi di masa depan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa produk Protoflex dengan bahan Polyurethane akan bertahan lama dan dapat diandalkan dalam penggunaannya. Namun, protoflex tidak menyediakan link stabilizer avanza karena memiliki desain yang berbeda. Protoflex menyediakan link stabilizer untuk mobil innova dan Pajero panther kijang ford.

BACA JUGA: FUNGSI SHOCKBREAKER MOBIL DAN CARA PERAWATANNYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.