West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Kaki-Kaki Bunyi Gluduk Berikut Inilah Penyebabnya

Blog thumbnail

Kaki-Kaki Bunyi Gluduk Berikut Inilah Penyebabnya

Blog thumbnail

Kaki-kaki bunyi gluduk pada mobil tentu sangat menggangu. Saat berkendara tentu semua orang berharap mobil mereka dalam performa terbaik. Tidak terdapat gangguan apapun yang dapat mengurangi kenyamanan saat mengemudi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil adalah kaki – kaki mobil mengerluarkan bunyi gluduk.

Kaki-kaki bunyi gluduk atau kletek – kletek ini sering terjadi saat mobil melewati jalanan rusak dengan kecepatan di atas rata – rata. Hal ini mengindikasikan bahwa ada bagian mobil yang bermasalah dan harus segera diatasi. Munculnya bunyi – bunyian ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan pengemudi. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan rasa khawatir selama dalam perjalanan. 

Penyebab kaki-kaki bunyi gluduk pada mobil

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan bunyi gluduk pada kaki – kaki mobil. Berikut ini penyebab – penyebabnya:

1. Masalah Pada Bushing Arm

Salah satu komponen yang diduga menyebabkan bunyi gluduk – gluduk adalah Bushing Arm. Bushing Arm sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk menahan atau meminimalisir adanya getaran pada bagian roda maupun mesin mobil. Komponen ini memiliki bentuk seperti botol yang ditengahnya terdapat karet pelapis.

kaki-kaki bunyi gluduk pada mobil bisa disebabkan karena karet pelapis bushing arm yang telah menipis. Bahkan dalam beberapa kasus, ada yang karet bushing armnya rusak. Jika sudah demikian, maka bushing arm perlu diganti. Umumnya mobil membutuhkan 8 bushing arm yang dipasang pada bagian depan dan belakang masing – masing 4 buah.

2. Shockbreaker Mobil Rusak

Bunyi gluduk pada bagian kaki – kaki mobil juga bisa disebabkan oleh rusaknya shockbreaker mobil. Salah satu tanda komponen ini mengalami kerusakan adalah mobil akan terasa seperti ayunan naik – turun saat digunakan untuk melewati jalanan yang rusak atau tidak rata. Jika sudah demikian, maka mobil membutuhkan shockbreaker yang baru.

Baca juga ini:  Kapan Ganti Shockbreaker Mobil? Kenali 5 Tanda-Tandanya

3. Rusaknya Long Tie Rod

Bunyi gluduk yang timbul pada bagian kaki – kaki juga dapat mengindikasikan bahwa Long Tie Rod sudah rusak. Long Tie Rod sendiri merupakan komponen yang bisa meredam getaran ke atas dan ke bawah pada mobil. Kerusakan pada komponen ini bisa jadi karena mobil melewati jalan rusak dengan kecepatan tinggi sehingga terjadi benturan pada komponen.

4. Karet Bushing Stabilizer Aus

Bushing Stabilizer berfungsi untuk menahan getaran dari link stabilizer agar tidak berdampak sampai ke chasis mobil. Di dalam komponen ini terdapat karet yang memiliki masa penggunaan, sehingga semakin lama pemakaiannya karet bisa semakin menipis atau rusak.

Karet yang rusak atau aus bisa menyebabkan bushing stabilizer longgar. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya bunyi gluduk pada kaki – kaki mobil. Pemasangan baut yang kurang kencang juga menyebabkan bushing stabilizer longgar. 

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

5. Karet Support Rusak

Karet support yang rusak juga dapat menimbulkan bunyi gluduk pada mobil. Karet support yang dimaksud merupakan karet yang berada tepat di atas shockbreaker. Karet ini berfungsi meredam getaran yang berasal dari ban mobil. Jika karet rusak, maka harus segera diganti agar tidak mengeluarkan bunyi gluduk lagi.

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memiliki banyak komponen penting relatif kompleks. Setiap komponennya memiliki fungsi yang cukup penting untuk meningkatkan performa dan kenyamanan kemudi. Untuk itu saat kaki – kaki bunyi gluduk, segera cek kondisi mobil dan ganti komponen yang rusak agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

Komponen – komponen tersebut bisa di Protoflex.id. Di sana terdapat banyak pilihan komponen mobil mulai dari shockbreaker sampai karet bushing arm. Dengan begitu performa mobil dapat lebih stabil dan anti limbung.

Baca juga ini:  Tips Cara Mengecek Komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.