West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Kaki-kaki Nissan Livina Suka Bunyi Gluduk Gluduk? Gini Cara Atasinnya

gluduk gluduk

Kaki-kaki Nissan Livina Suka Bunyi Gluduk Gluduk? Gini Cara Atasinnya

gluduk gluduk

Bagi Anda yang merupakan pemilik mobil Nissan Livina, mungkin tidak asing lagi dengan masalah yang satu ini. Masalah yang berupa adanya bunyi gluduk gluduk misterius dari kaki-kaki mobil saat melewati jalan yang tidak rata. 

Meski mungkin terdengar sepele, sebetulnya bunyi ini cukup mengganggu saat berkendara. Bahkan bisa saja mengindikasikan adanya masalah pada sistem suspensi. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya. Namun, sebelum itu, yuk cari tahu dulu apa penyebab bunyi gluduk-gluduk pada mobil Nissan Livina Anda!

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Penyebab Kaki Kaki Grand Livina Bunyi Gluduk Gluduk

Salah satu faktor utama yang menyebabkan bunyi gluduk gluduk pada kaki-kaki Nissan Livina adalah kerusakan pada komponen-komponen tertentu. Komponen ini bisa meliputi lower arm, karet stabilizer, shockbreaker, ataupun long tie rod. 

Lower arm sendiri merupakan bagian penting dari suspensi mobil yang menghubungkan roda ke kerangka mobil. Jika lower arm mengalami kerusakan, misalnya retak atau aus, maka akan menghasilkan bunyi berderak saat mobil melewati jalan tak rata.

Begitu juga dengan karet stabilizer. Komponen ini adalah bagian yang tugasnya mengurangi getaran dan membantu menjaga keseimbangan mobil. Apabila karet stabilizer mobil Anda aus atau rusak, ini bisa menjadi sumber bunyi tak sedap.

Kemudian, ada shockbreaker. Seperti namanya, bagian ini berperan dalam hal meredam guncangan ketika mobil bergerak. Shockbreaker yang aus atau bocor akan menyebabkan bunyi gluduk gluduk saat melewati jalan penuh rintangan. 

Terakhir, long tie rod, komponen yang menjadi penghubung roda depan dengan kemudi mobil. Jika long tie rod mengalami kerusakan, maka bisa mengakibatkan ketidakstabilan saat mengemudi dan menimbulkan bunyi tak normal.

Baca juga ini:  Keunggulan Karet Suspensi / Bushing Karet Polyurethane Pada Mobil

Lantas, bagaimana cara mengatasi semua masalah tersebut? Simak jawabannya di bawah ini!

Cara Mengatasi Kaki Kaki Grand Livina Suka Bunyi Gluduk Gluduk

Jadi Anda adalah salah satu pemilik mobil Nissan Livina yang kaki-kakinya mengeluarkan bunyi gluduk gluduk? Eits, jangan langsung panik jika Anda mengalami hal ini.

Umumnya, masalah tersebut terjadi karena ada komponen seperti shockbreaker dan long tie rod yang sudah aus atau rusak. Bila bagian ini yang bermasalah, solusinya cukup sederhana. Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan penggantian bila memang diperlukan.

Namun, dalam beberapa kasus, bunyi gluduk gluduk juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain contohnya lower arm dan karet stabilizer. Jika ternyata komponen ini yang rusak, maka kami rekomendasikan agar menggantinya dengan produk: PROTOFLEX BUSHING LOWER ARM DEPAN (BESAR & KECIL) NISSAN LIVINA 07-19 dan PROTOFLEX BUSHING KARET STABIL DEPAN NISSAN LIVINA 07-19 TIIDA LATIO.

Di mana Protoflex selalu menyediakan produk berkualitas untuk mengatasi masalah bunyi pada kaki-kaki mobil Nissan Livina Anda. Sehingga Anda bisa kembali menikmati perjalanan tanpa adanya gangguan dari bunyi apapun. Sebagai tambahan, apabila saat ini bump stop mobil Anda juga sedang mengalami kerusakan, cobalah untuk memakai produk PROTOFLEX MICROCELLULAR POLYURETHANE BUMP STOP ID 20MM dan PROTOFLEX MICROCELLULAR POLYURETHANE BUMP STOP ID 12MM. 

Manfaat Memperbaiki Kaki Kaki Grand Livina Berbunyi Gluduk Gluduk

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika segera memperbaiki komponen kaki kaki mobil Nissan Livina yang rusak, yaitu:

  1. Meningkatkan Kinerja Kendaraan

Salah satu manfaat utama dari memperbaiki kaki-kaki yang mengeluarkan bunyi gluduk gluduk adalah meningkatkan kinerja kendaraan. Seringkali, bunyi tersebut menunjukkan tanda kalau ada komponen yang bermasalah. Misalnya saja pada bagian shockbreaker dan long tie rod. 

Baca juga ini:  Cara Cek Kaki Kaki Mobil Bermasalah Almaz dan Cortez

Nah, dengan mengganti komponen yang rusak, sistem suspensinya akan berfungsi optimal lagi. Hal ini bukan hanya meningkatkan kenyamanan selama berkendara, tapi juga bisa mengurangi risiko kecelakaan serta menghemat biaya perawatan dalam jangka panjang.

  1. Tingkat Keamanan Meningkat

Manfaat yang kedua adalah menambah tingkat keamanan. Ketika suspensi kendaraan berfungsi dengan baik, maka bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Sehingga tingkat safety atau keamanan dan kenyamanannya pun meningkat.

  1. Memperpanjang Umur Pakai Kendaraan

Manfaat yang terakhir ialah memperpanjang umur pakai mobil Grand Livina. Dengan mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen kaki-kaki dan sistem suspensi, maka Anda bisa menghindari biaya perbaikan yang lebih besar nantinya.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara mengatasi kaki kaki mobil Nissan Livina bunyi gluduk gluduk dan apa manfaat memperbaikinya. Semoga informasi ini dapat berguna, ya!

BACA JUGA: MASALAH NISSAN LIVINA: KAKI KAKI MOBIL BUNYI? GANTI KARET INI CUMAN RP 1 JUTAAN

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.