West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek, Berikut Ini Penyebabnya

Blog thumbnail

Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek, Berikut Ini Penyebabnya

Blog thumbnail

Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek sering kali terjadi pada mobil keluaran tahun 60 keatas. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa produk tahun 2000-an juga mengalami hal yang sama. Salah satu faktor penyebabnya adalah pemilik kendaraan tidak melakukan pemantauan atau pemeriksaan secara teratur. Akibatnya kendaraan tersebut terlihat kurang stabil atau tidak nyaman saat dikendarai dalam keadaan pelan atau cepat.

Secara garis besar, Ball Joint merupakan pemicu utama terjadinya Mobil Bunyi Kletek-Kletek. Selain itu, ada pula komponen lain yang memungkinkan mobil menimbulkan bunyi aneh seperti Wheel Bearing, Boot Axle, Tie Rod, Shock Breaker, Stabilizer Bar dan lain sebagainya. Protoflex menawarkan komponen mobil berkualitas yang mampu membuat laju mobil Anda terlihat nyaman dan seimbang. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui penyebab suara aneh pada mobil pada ulasan ini.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Penyebab Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

Mobil Bunyi Kletek-Kletek berasal dari beberapa faktor. Berikut ini adalah penyebab utama bunyi kletek-kletek pada kaki mobil, di antaranya; 

1. Sambungan yang Longgar

Salah satu penyebab umum Mobil Bunyi Kletek-Kletek adalah adanya sambungan yang longgar di sekitar kaki mobil. Ini dapat terjadi pada bagian – bagian penting seperti batang stabilizer (Stabilizer Bar), baut pengikat, atau sambungan – sambungan lainnya. Akibatnya, saat mobil bergerak dan mengalami guncangan, sambungan yang longgar akan menghasilkan bunyi kletek-kletek. Sebaiknya, Anda periksa dan kencangkan jika terdapat bagian yang longgar. Jika perlu, bawa mobil tersebut ke bengkel kaki mobil untuk mendapatkan perbaikan pada kendaraan Anda.

2. Perangkat Penahan yang Aus

Bushing adalah komponen yang terbuat dari bahan karet atau poliuretan yang digunakan untuk mengurangi getaran dan memperbaiki peredaman di sekitar kaki mobil. Jika bushing aus atau rusak, komponen tersebut tidak lagi mampu meredam getaran dengan baik. Dan tentunya hal ini dapat menyebabkan bunyi kletek-kletek saat suspensi bergerak.

Baca juga ini:  Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Bantalan yang Rusak

Bantalan yang rusak pada kaki mobil seperti bantalan per, bantalan penyangga peredam kejut atau bantalan batang stabilizer dapat menyebabkan kaki mobil bunyi kletek-kletek. Jika bantalan tersebut aus, retak atau rusak, pastinya komponen tersebut tidak lagi dapat memberikan dukungan yang cukup. Sehingga, pergerakan suspensi dapat menghasilkan bunyi yang tidak diinginkan pada kaki mobil.

4. Komponen Suspensi yang Kendur

Komponen suspensi yang kendur seperti peredam kejut, per atau per satu yang aus dapat menyebabkan kaki mobil bunyi kletek-kletek saat mobil melintasi jalanan yang tidak rata. Ketika komponen suspensi kehilangan kekencangannya, mereka dapat bergerak secara tidak terkendali dan menghasilkan bunyi yang mencolok. Perlu diwaspadai bahwa kasus ini sering kali terjadi pada mobil antik atau tahun 60-an. Setidaknya Anda melakukan perawatan secara rutin agar kondisi mobil tetap nyaman. Sehingga, Anda bisa menghemat biaya perawatan di masa depan.

5. Sistem Rem yang Longgar

Dan penyebab kaki mobil bunyi kletek-kletek yang terakhir juga berasal dari sistem rem yang longgar. Misalnya, pin kaliper (Caliper Pin) longgar atau baut penahan kaliper (Caliper Mounting Bolt) tidak terpasang dengan baik. Tentunya hal tersebut dapat mengakibatkan pergerakan yang tidak diinginkan saat pengereman, sehingga kendaraan tersebut menghasilkan bunyi kletek-kletek.

Jika Anda mendapati kaki mobil bunyi kletek-kletek, sebaiknya Anda harus segera memeriksanya. Cara terbaik adalah membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Mengabaikan bunyi tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen suspensi dan mempengaruhi performa dan keselamatan kendaraan. Untuk mendapatkan komponen mobil terbaik dan tahan lama, Anda bisa membelinya di situs https://protoflex.id/oldsite.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.