West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Knuckle Arm Mobil: Pengertian, Fungsi dan Cara kerjanya

Arm Mobil

Knuckle Arm Mobil: Pengertian, Fungsi dan Cara kerjanya

Arm Mobil

Knuckle arm mobil termasuk salah satu komponen penting dalam sistem suspensi mobil. Knuckle arm ini memiliki peran yang vital dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan berkendara kamu. Oleh sebab itu, kamu perlu paham betul bagaimana cara kerjanya. Di bawah ini akan kami jelaskan apa itu knuckle arm, fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya.

BACA JUGA: CONTROL ARM: FUNGSI DAN JENIS-JENISNYA

Apa itu Knuckle Arm?

Knuckle arm adalah komponen yang menjadi tumpuan bagi suspensi dan roda mobilmu. Fungsinya sangat berpengaruh terhadap kemampuan mobil dalam menahan getaran atau guncangan ketika melewati jalan jelek. Selain itu, knuckle arm membuat roda mobilmu bisa bergerak dan berbelok dengan bebas ke arah yang kamu inginkan. Komponen inilah yang memberi kontrol penuh saat berkendara. Tapi, jika knuckle arm rusak, maka gerak roda akan menjadi sulit dikontrol. Bahkan, roda bisa berbelok tanpa diinginkan yang berakhir menciptakan situasi berbahaya. 

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Saja Fungsi Knuckle Arm Mobil?

1. Mempermudah Gerak Roda Depan Mobil 

Fungsi utamanya adalah memungkinkan roda depan mobil bergerak dengan mudah saat mobil berbelok. Pada umumnya, knuckle arm mobi terpasang di ujung bawah dan terhubung dengan roda depan, sistem kemudi, serta suspensi kendaraan. Sehingga, ketika kamu memutar setir mobil untuk berbelok, knuckle arm bekerja dengan otomatis mengikuti arah gerakan setir.

2. Menopang Beban Kendaraan

Fungsi kedua yang tak kalah pentingnya adalah untuk menyangga beban kendaraan. Seperti yang sudah kita bahas tadi, knuckle arm terletak di roda depan, dan ini memungkinkannya untuk menopang beban mobilmu. Sehingga knuckle arm menjadi pilar utama yang membuat mobilmu tetap bergerak secara stabil dan aman.

Baca juga ini:  Hanya 200 Ribuan atasi Penyebab Mobil Limbung Hilang Kendali! Ini Caranya

3. Menjaga Mobil Agar Tetap Stabil

Knuckle arm mobil sangatlah penting untuk menjaga stabilitas mobil saat bermanuver. Knuckle yang terhubung langsung dengan roda depan membuat mobilmu dapat dengan mudah dikendalikan ketika ingin mengubah arah atau melakukan pembelokan. Jadi, komponen ini terus memastikan bahwa kendaraanmu selalu siap saat harus bermanuver dan berusaha agar mobil tetap stabil.

Bagaimanakah Cara Kerja Knuckle Arm Mobil?

Perlu kamu ketahui bahwa knuckle arm mendukung kinerja komponen lain dalam mobilmu. Cara kerja knuckle arm ini sebenarnya sederhana, sebab komponen tersebut punya pengaruh langsung terhadap performa sistem suspensi mobil. Terlebih lagi fungsi utamanya adalah sebagai tempat dudukan bagi komponen-komponen lainnya. 

Saat kamu akan berbelok, gaya putar yang berasal dari kemudi akan dialirkan melalui bagian-bagian seperti lower arm, knuckle arm, upper arm, sampai ball joint-nya. Gaya ini akan memudahkan knuckle arm untuk gerakin dan belokin roda depan mobilmu sesuai sudut putar yang ball joint berikan. Nah, saat menghadapi jalan rusak, knuckle arm akan bekerja bersama komponen lain misalnya shockbreaker dan pegas demi meredam getaran yang mungkin timbul dari roda mobil. 

Cegah Knuckle Rusak Pakai Protoflex Lower Arm dan Bush Arm 

Seperti yang kita tahu, lower arm dan bush arm bekerja sama untuk mendukung knuckle arm mobil. Lower arm bertugas menghubungkan suspensi dengan knuckle arm, sementara bush arm berperan sebagai peredam getaran dan hentakan dari jalan. Ketika salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan, knuckle arm bisa menjadi komponen yang terkena dampaknya.

Maka dari itu, apabila kamu ingin mencegah knuckle arm rusak,  sebaiknya segera melakukan upgrade pakai produk dari Protoflex. Beberapa contohnya adalah Protoflex bushing lower arm depan (bawah) TOYOTA FORTUNER GEN 2 HILUX REVO DCAB15-ON dan Protoflex bushing control arm belakang (atas) INNOVA 04-22 FORTUNER GEN 1. Jangan khawatir jika jenis mobil kamu bukan seperti di atas, kunjungi saja situs Protoflex untuk tahu jenis lengkapnya.

Baca juga ini:  Control Arm: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Keunggulan utama dari kedua produk Protoflex tersebut terletak pada material polyurethane dalam proses produksinya. Di mana polyurethane memiliki tingkat durometer yang tinggi, lebih keras, dan tidak mudah berubah bentuk. Membantu mengurangi resiko terjadinya body roll. Sehingga kamu bisa menjaga stabilitas saat berada di tikungan sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Ketahanan polyurethane terhadap sinar UV, zat kimia, perubahan suhu dan cuaca juga membuatnya tetap berfungsi selama bertahun-tahun yang akan datang. Dan kerennya lagi, semua produk Protoflex memberikan jaminan garansi seumur hidup, lho! 

BACA JUGA: ATASI MASALAH KARET STABILIZER DEPAN AVANZA CUMAN 200RIBU

Jadi, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk merasakan sendiri bagaimana kualitas lower arm dan bush arm Protoflex? Yuk hubungi nomor 0818950595 sekarang juga!

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.