West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Memahami Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Stabilizer Mobil

Blog thumbnail

Memahami Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Stabilizer Mobil

Blog thumbnail

Stabilizer mobil mempunyai peranan penting saat mobil digunakan. Apalagi ketika berada di jalan yang rusak maupun menanjak. Maka tak mengherankan, jika komponen mobil yang satu ini wajib diperhatikan. Mobil berguncang dan ada tekanan saat berada di jalanan rusak terkadang membuat penumpang merasa tidak nyaman. Padahal, guncangan tersebut sudah distabilkan oleh komponen stabilizer mobil. Bayangkan saja apabila stabilizer tidak berfungsi, apa yang terjadi?

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Fungsi Stabilizer Mobil

Setiap mobil memiliki komponen yang satu ini. Hal ini diberikan karena agar mobil senantiasa stabil ketika berada di berbagai jenis jalan. Lalu apa sebenarnya fungsi dari stabilizer mobil itu sendiri? Berikut berbagai fungsinya:

1. Meningkatkan Daya Cengkram Roda

Roda mobil memerlukan pengikat yang kuat ketika berada dalam berbagai keadaan. Seperti saat berada di jalanan berkelok. Mobil tidak akan stabil karena berubah posisi. Di mana, mobil yang semula lurus menjadi berbelok.

Fungsi pertama dari stabilizer adalah meningkatkan daya cengkram pada roda. Sehingga, ketika berubah posisi mobil tetap stabil dan tidak terlalu berjalan melenceng keluar jalur. Selain itu, ketika berada di jalanan menurun, stabilizer dapat membantu rem ketika menghentikan laju mobil.

2. Menjaga Agar Mobil Tidak Berguncang Keras

Guncangan mobil yang keras akibat jalanan yang tidak halus, bisa membuat penumpang kurang nyaman. Bahkan, jika guncangan itu terasa sangat keras, malah bisa mencelakakan para penumpang yang ada di dalam mobil. Hal ini tidak mungkin terjadi karena mobil memiliki komponen stabilizer. Karena fungsi utamanya adalah menjaga mobil agar tidak berguncang hebat ketika melewati jalanan berlubang atau jalanan bergelombang. 

3. Mengurangi Potensi Terpental Saat Mobil Belok

Belokan memang kerap menjadi momok bagi para pengemudi. Apalagi belokannya teramat menikung, mobil mana saja bisa berpotensi terpental. Karena, jalanan yang tidak lurus mengakibatkan mobil tidak seimbang. Stabilizer yang dipasang di setiap mobil berfungsi untuk mengurangi potensi mobil terpental saat belok. Makanya, setiap saat pastikan lakukan pengecekan stabilizer agar mobil tidak mudah terpental ketika sedang melalui jalan berbelok.

Baca juga ini:  Mitsubishi Pajero Anda Limbung? Pakai Karet Stabilizer Ini Saja

4. Mencegah Mobil Berbelok Sendiri

Keseimbangan mobil harus tetap dijaga. Apalagi ketika berada di jalanan yang penuh dengan pengguna lainnya. Mobil yang tidak stabil, kadang bisa belok sendiri dan tentunya sangat membahayakan pengguna jalan lainnya. Agar tidak terjadi hal demikian, maka dipasang stabilizer yang berfungsi untuk mencegah mobil berbelok sendiri ketika berjalan di jalanan. Baik jalanan lurus maupun berbelok. Fungsi stabilizer ini akan terasa ketika mobil digunakan pada jalanan naik-turun seperti di pegunungan.

5. Membantu Setir Tetap Stabil

Setir mobil bisa saja berbelok sendiri meskipun jalanan tampak lurus saja. Hal itu dipengaruhi oleh gesekan mobil dan jalanan sehingga membuat setir bergerak sendiri. Sebenarnya kejadian semacam itu merupakan hal yang lumrah. Namun, sangat membahayakan.

Agar setir mobil stabil dan mudah dikendalikan, maka diperlukan stabilizer. Komponen yang satu ini juga sangat membantu para sopir saat mengendalikan setir mobilnya. Sehingga, mobil yang dikemudikan tidak berbelok sendiri karena adanya gesekan antara mobil dan jalan.

Cara Kerja Stabilizer

Ada berbagai pertanyaan setelah mengetahui fungsi dari stabilizer. Salah satunya tentang cara kerjanya. Stabilizer pada mobil bekerja saat roda kiri dan kanan bergerak ke bawah dan ke atas bersamaan. Lalu, pada saat mobil Anda sedang berbelok, pegas mobil mengalami sebuah tekanan dan roda bagian dalam akan lebih mengembang. lalu, terdapat sebuah alat yaitu volt stabilizer untuk meredam noise voltage pada sistem kelistrikan mobil.

Mobil memiliki berbagai komponen. Mulai dari yang terlihat sampai yang tak terlihat. Salah satu komponen yang memiliki peranan penting adalah stabilizer mobil. Karena komponen tersebut menjaga mobil agar tetap stabil di berbagai kondisi. Jika Anda mencari stabilizer mobil berkualitas, kami merekomendasikan protoflex.id.

Baca juga ini:  Apa itu Lower Arm? Pengertian, Fungsi dan Tanda-Tanda adanya Kerusakan

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.