West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Mengapa Bushing Arm Cepat Ganti? Kenali Beberapa Faktor

Mengapa Bushing Arm Cepat Ganti? Kenali Beberapa Faktor

Thumbnail

Beberapa komponen mobil yang rusak bisa membuat mobil menjadi mogok hingga membahayakan pengendara. Hal ini tentu yang ditakutkan oleh setiap pengendara. Komponen yang bisa menimbulkan hal seperti ini salah satunya adalah bushing arm. Komponen satu ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antara kerangka mobil dan suspensi. Ketika bagian ini rusak sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Untuk lebih jelasnya pada artikel ini akan dijelaskan secara detail terkait faktor apa saja yang bisa membuat komponen ini menjadi rusak. 

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Faktor yang Membuat Bushing Arm Rusak

Ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui dan membuat bushing arm menjadi rusak dan berikut ulasannya:

1. Usia Mobil

Komponen ini bisa rusak bisa saja karena faktor usia mobil yang memang sudah mulai tua. Bushing ini bisa rusak karena memang bahannya dari karet dan bisa rusak karena pengaruh cuaca dan juga suhu. Ketika sudah tua maka tingkat ketahanan dan elastisitasnya mulai hilang. Lalu, dengan mobil yang sudah tua tentu sudah melewati banyak sekali jalan atau medan yang berbeda-beda. Akibatnya komponen ini menjadi cepat aus dibandingkan mobil yang usianya belum cukup lama. Maka dari itu, sebagai pengguna mobil perlu secara teratur mengecek di bagian bushing ini dan menggantinya jika perlu. 

2. Penggunaan Jalan yang Buruk

Faktor penyebab lainnya bisa karena jalan yang buruk dan akhirnya membuat bushing menjadi rusak. Hal ini karena tekanan dan getaran pada jalan rusak ini bisa membuat komponen suspensi menjadi rusak dan salah satunya bushing arm. Dengan demikian, bagi pengguna yang sering lewat di jalan yang rusak maka potensi bushing cepat rusak juga semakin tinggi. Sebab, dalam operasinya komponen ini dengan terpaksa harus menahan goncangan yang besar dan menahan beban berat. 

Baca juga ini:  Faktor Faktor yang Mempengaruhi Harga Link Stabilizer Avanza dan Fungsinya

3. Mobil yang Digunakan untuk Off-Road

Mobil yang sering digunakan untuk off-road umumnya akan sering mengalami kerusakan pada bushing arm karena kondisi jalannya berat. Kerusakan akan semakin cepat jika Anda melintas di jalan dengan medan berlumpur dan berbatu. 

Dengan medan yang ekstrim seperti ini akan membuat komponen ini rusak atau bahkan patah. Dengan demikian, ketika Anda sering menggunakan untuk off-road maka komponen ini sering diperiksa dan menggantinya jika perlu. Lalu, Anda juga perlu memastikan untuk mengganti bushing untuk kebutuhan off road tersebut. 

4. Jarang Dilakukan Pemeliharan Komponen

Sebagai pemilik mobil, proses pemeliharaan komponen tentu sangat penting termasuk bushing arm. Untuk pemeliharaan ini meliputi mengecek kelistrikan, cek di bushing ini dan mengganti oli secara teratur. Jika hal seperti ini diabaikan maka resiko komponen ini cepat rusak akan semakin tinggi. 

Untuk itu, Anda perlu mengecek secara teratur di bagian ini dan menggantinya jika memang sudah rusak. Dalam proses pengecekan sebaiknya dilakukan di mekanik yang berpengalaman agar mudah untuk menemukan kerusakannya. 

5. Kualitas Komponen

Kerusakan pada komponen ini bisa juga karena faktor internal diantaranya kualitas bahan pada bushing arm. Maka dari itu, dalam memilih komponen ini harus mencari yang benar-benar berkualitas dan tidak tertipu oleh harga murah. Pastikan bushing yang Anda pilih sesuai dengan merek mobil yang digunakan. 

Jadi, ketika ada kerusakan di bagian bushing arm karena faktor di atas maka bisa langsung diganti. Untuk mengganti bushing arm pastikan kalau kualitasnya terjamin dan langsung order di protoflex.id. Barangnya berkualitas dan harganya juga ramah di kantong pengguna mobil. 

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.