West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Mengenal Komponen Kaki Kaki Mobil dan Tips Perawatannya

komponen kaki kaki mobil

Mengenal Komponen Kaki Kaki Mobil dan Tips Perawatannya

komponen kaki kaki mobil

Peran komponen kaki kaki mobil sangat penting demi kenyamanan dalam berkendara. Sehingga setiap komponennya harus dipastikan dalam keadaan baik dan tidak rusak. Bila perlu, lakukan pemeriksaan secara mandiri sebagai langkah awal dalam mendeteksi awal kerusakan yang terjadi dan pastikan selalu dalam kondisi terawat.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Macam-Macam Komponen Kaki Kaki Mobil

Sebagai orang awam, Anda harus mengetahui beberapa komponen kaki kaki mobil serta bagaimana cara merawatnya. Berikut penjelasannya:

1. Ban

Komponen paling utama pada kaki kaki mobil adalah ban. Ban pada kendaraan memiliki fungsi sebagai roda yang membantu kendaraan berjalan di atas permukaan jalan dengan kondisi aman dan nyaman. Kondisi ban yang baik akan membantu jalannya mobil dengan baik.

Carilah ban yang empuk, kondisinya bagus, dan tidak mudah slip. Apabila ban Anda sudah menipis atau gundul maka segeralah ganti ban mobil yang baru.

Ban yang menipis disebabkan oleh kurangnya tekanan angin pada ban, membawa beban yang berat, jarang dibersihkan, serta penggunaan kecepatan tinggi yang terlalu sering. Perhatikan selalu kondisinya karena kondisi ban yang tidak baik akan membuat ban lebih licin dan sulit ketika bermanuver di jalan.

2. Shockbreaker

Shockbreaker atau suspensi merupakan salah satu komponen kaki kaki mobil yang memiliki fungsi meredam getaran serta guncangan kendaraan ketika melewati jalan yang tidak rata. Ada dua tipe shockbreaker yaitu tipe rigid dan tipe independent.

Pada tipe rigid, rodanya tidak dapat bergerak dengan bebas. Hal ini disebabkan kondisi axel yang terhubung dengan bodi mobil dan frame. Kenyamanan menggunakan tipe ini sedikit berkurang ketika melewati jalanan yang bergelombang. Tipe rigid cocok digunakan digunakan pada bus dan truk.

Baca juga ini:  5 Kerusakan pada Komponen Kaki Kaki Mobil L300 yang Sering Terjadi

Sedangkan tipe independent, axel tidak terhubung dengan roda sehingga tidak mempengaruhi satu sama lain. Tipe ini membuat mobil lebih nyaman dan stabil saat berkendara.

Meskipun nyaman, komponen ini juga perlu dicek kondisinya. Shockbreaker yang sudah rusak akan menunjukkan gejala seperti mobil akan terlihat seperti amblas, bantingan shockbreaker terasa keras, oli rembes, dan menimbulkan bunyi yang tidak normal di bagian bawah.

3. Ball Joint

Selanjutnya komponen kaki kaki mobil Ball Joint. Bentuk ball joint seperti bola yang terletak di dudukan roda. Komponen ini dapat membuat suspensi lebih mudah bergerak menahan roda agar tidak mudah terlepas dari chassis.

Ball joint yang rusak dapat membuat ban menjadi cepat haus, maka kondisinya juga perlu diperhatikan. Jika ball joint Anda bermasalah, perlu dilakukan proses pendongkrakan pada bagian depan mobil. Letakkan linggis di antara ball joint dan pada sisi lain yang merupakan dudukan roda.

Gerakkan linggis naik turun serta cek mur pengancingnya. Apabila murnya keras namun terasa longgar, maka kondisi tersebut menandakan ball joint perlu diganti.

4. Tie Rod

Komponen kaki kaki mobil selanjutnya adalah Tie Rod. Komponen ini bentuknya memanjang dan menghubungkan ujung steering rack dengan roda mobil bagian depan.

Tie rod berfungsi untuk menggerakan putaran pada roda depan, mengatur jarak roda bagian depan, serta meredam getaran dari roda ke lingkar kemudi.

Kondisi tie rod yang bermasalah ditandai dengan keadaan longgar karena usianya yang sudah tua atau pernah mengalami benturan yang keras.

4. Bearing

Bearing atau biasa dikenal dengan laher merupakan salah satu komponen kaki kaki mobil. Bearing ini merupakan bantalan roda yang berfungsi memperkecil gesekan pada sumbu putar dan membuat putaran pada roda menjadi lebih halus. Jika bearing rusak akan berpengaruh pada stabilnya kendaraan sehingga mobil sulit untuk dikendalikan.

Baca juga ini:  10 Ciri-ciri Kaki-Kaki Mobil Bermasalah, Langsung Cek!

Bearing yang rusak biasanya ditandai dengan bunyi gemuruh dari bagian depan mobil ketika berjalan pada kecepatan 40-50 km per jam dan semakin terdengar jika mobil di akselerasi.

Untuk melakukan perawatan komponen kaki kaki mobil dengan maksimal, Anda perlu memilih tempat yang terpercaya. Jika salah penanganan maka kerusakan yang dialami komponen akan semakin parah.

TIPS CARA MUDAH CEK KONDISI BUSHING ARM MOBIL

Meski tidak terlihat dan berukuran kecil, bushing arm merupakan salah satu komponen mobil yang tidak boleh dikesampingkan. Meski ukurannya kecil, komponen ini harus selalu diperhatikan sebab sangat mempengaruhi kinerja dan performa mobil saat dikendarai. Bahkan jika terjadi kerusakan bisa berpotensi membahayakan nyawa pengguna jalan. Itulah sebabnya para pemilik mobil perlu cek kondisinya secara berkala.

Bushing arm memiliki peranan yang cukup vital, khususnya di bagian handling mobil. Komponen ini biasanya terpasang di area kaki – kaki mobil. Bentuknya seperti tabung besi berukuran kecil dan di bagian tengah atau dalamnya terdapat karet. Bahan karet tersebut berguna untuk menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi singgungan atau gesengan antar logam

Pilihlah Protoflex sebagai bengkel setia Anda yang pastinya akan memberikan pelayanan terbaik untuk kendaraan kesayangan Anda. Banyak produk yang siap Anda butuhkan untuk membuat performa kendaraan semakin kencang. Informasi selengkapnya kunjungi https://protoflex.id.

Merawat Agar Komponen Kaki Kaki Mobil Agar Awet dan Tahan Lama dengan Protoflex

Merawat komponen kaki kaki mobil dengan mengupgrade bush arm, karet stabil, karet shock, dan komponen lainnya dengan produk protoflex. Protoflex menggunakan bahan polyurethane memiliki keunggulan dibandingkan dengan rubber dalam hal daya tahan yang lebih tinggi terhadap tekanan dan gesekan, serta kemampuannya untuk mempertahankan fleksibilitasnya dalam berbagai suhu ekstrem. Dengan begitu, komponen kaki kaki atau suspensi lainnya seperti ban, shock, pengereman, bisa berfungsi semakin maksimal dan semakin awet. Ini akan memberikan pengalaman berkendara yang semakin nyaman dengan suspensi yang lebih stabil, handling yang lebih akurat, dan respons yang lebih cepat. Bahkan dengan upgrade ini, kenyamanan penggunaan sehari-hari tetap terjaga. Protoflex juga memberikan Lifetime Warranty atau Garansi Seumur Hidup untuk produk Protoflex yang memiliki logo ‘Lifetime Warranty’ pada kemasannya. Anda dapat melihat catatan toko kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Syarat & Ketentuan Klaim Garansi, serta menemukan Dealer Resmi Protoflex terdekat di kota Anda untuk pelayanan yang lebih baik.

BACA JUGA: 10 CIRI-CIRI KAKI-KAKI MOBIL BERMASALAH, LANGSUNG CEK!

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.