West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Pentingnya Memeriksa upper control arm / Kaki-kaki Karet Secara Berkala

Upper control arm

Pentingnya Memeriksa upper control arm / Kaki-kaki Karet Secara Berkala

Upper control arm

Agar perjalanan saat membawa kendaraan menjadi semakin nyaman dan aman, sangat penting memeriksa kondisi kaki-kaki karet untuk memastikan dalam kondisi prima seperti upper control arm. Jika Anda tidak rajin memeriksa kondisi kaki-kaki karet ini, maka kendaraan menjadi limbung, oleng atau bahkan bisa bergerak sendiri. 

Selain membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, hal seperti ini juga sangat beresiko menyebabkan kecelakaan. Ada salah satu sistem suspensi pada kendaraan mobil yang juga mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, yaitu control upper arm. Komponen ini terletak di bagian bawah sistem suspensi yang langsung terhubung dengan badan mobil.

BACA JUGA: ATASI MASALAH KARET STABILIZER DEPAN AVANZA CUMAN 200RIBU

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Komponen Kaki-kaki Mobil yang Perlu Diperiksa

Untuk membantu Anda memahami pentingnya memeriksa kaki-kaki mobil, terlebih saat menghadapi musim penghujan, berikut beberapa komponen yang harus Anda perhatikan.

1. Ball Joint Kaki-kaki Mobil dan Tie Rod

Komponen pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ball joint, long tie rod dan link stabilizer. Jika terlalu sering terpapar air, ketiga komponen ini sangat rentan terhadap kerusakan. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin nanti akan menyebabkan karatan dan akan beresiko merambat ke komponen lainnya.

2. Bearing Roda

Bagian leher roda atau bearing ini juga bisa cepat mengalami kerusakan apabila sering melalui jalan berlubang, terlebih yang tergenang air. Untuk mengecek komponen ini, Anda bisa memakai dongkrak di salah satu ban yang akan diperiksa. 

Jika badan mobil sudah terangkat, putarlah roda ke belakang lalu pegang shockbreaker. Tanda jika bearing roda ini mengalami kerusakan akan terasa getaran yang keras pada bagian ini.

Baca juga ini:  Tips Memilih Spesialis Kaki Kaki Mobil Terdekat

3. Karet Boot Shockbreaker

Bagian ini juga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala, terlebih pada bagian karet pelindungnya. Jika waktu pemeriksaan menemukan karet boot shockbreaker yang sudah nampak robek, maka segera lakukan pergantian.

4. Rack Steer

Komponen ini sebenarnya juga memiliki karet pelindung, namun juga rentan sobek jika sering terpapar air, terlebih jika masa pakainya lewat. Umumnya masa pakai bagian ini adalah 5 tahun. Jika kendaraan Anda sudah melewati masa tersebut, maka sebaiknya segera mengganti komponen yang baru.

Fungsi Upper Control Arm

Selain memeriksa kaki-kaki karet, Anda juga perlu memeriksa upper control arm. Berikut beberapa fungsi control arm yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatur gerakan roda

Fungsi upper control arm juga cukup krusial, jadi pastikan jika komponen ini berfungsi dengan baik. Jika terjadi masalah, maka ini bisa mempengaruhi perputaran antara kemudi dan roda menjadi tidak sesuai. Hal ini tentunya bisa membuat mobil jadi sulit untuk dikontrol. Agar kemudi dan juga roda bisa melakukan gerakan beriringan, maka Anda harus rajin memeriksa bagian ini.

2. Mengontrol gerakan roda

Selain mengatur, upper control arm juga bisa mengontrol gerakan roda kendaraan. Saat mengemudikan kendaraan, roda akan menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. 

Control arm juga terhubung dengan shock absorber, sehingga jika terjadi guncangan di jalan dapat langsung diredam. Dengan begini, sudut kemiringan roda bisa tetap stabil dan pengemudi bisa berkendara dengan nyaman.

3. Menopang knuckle

Fungsi upper control arm terakhir adalah menjadi penopang knuckle. Letak knuckle yang  berdampingan dengan rem dan hub membuat gerakan antara knuckle dan rem menjadi bebas karena control arm ini.

Upgrade Upper Control Arm dengan Protoflex

Protoflex menyediakan Bushing Upper Control Arm berbahan polyurethane untuk suspensi mobil yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan karet konvensional. Dengan keunggulan ketahanan dan daya tahan polyurethane, penggunaan Bushing Upper Control Arm Protoflex dapat memberikan jaminan suspensi kendaraan yang optimal, meningkatkan kinerja serta umur pakai sistem suspensi.

Baca juga ini:  Cara Merawat Komponen kaki kaki mobil avanza

Protoflex memberikan garansi seumur hidup, sehingga customer tidak perlu khawatir terhadap kerusakan suspensi di masa depan. Meng-upgrade suspensi karet mobil ke Protoflex polyurethane tidak hanya memberikan perlindungan terbaik, tetapi juga mempertahankan performa optimal, kenyamanan, dan keamanan selama penggunaan kendaraan.

Protoflex hadir untuk membantu Anda. Ini merupakan perusahaan aftermarket terbaik di Indonesia yang telah setia menjamu para pelanggannya. Lengkap dengan suku cadang yang bergaransi seumur hidup. Dapatkan penawaran menarik dari berbagai komponen otomotif dan pelayanan memuaskan dengan mengunjungi website  https://protoflex.id/oldsite.

BACA JUGA: STABILIZER BAR: PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJANYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.