West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Penyebab dan Ciri-Ciri Bushing Arm Mengalami Kerusakan

Blog thumbnail

Penyebab dan Ciri-Ciri Bushing Arm Mengalami Kerusakan

Blog thumbnail

Bushing Arm mobil merupakan komponen salah satu komponen yang jarang diperhatikan, tetapi memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga, setiap pemilik mobil harus memperhatikannya. Karena, fungsi utamanya adalah menstabilkan roda mobil agar mudah dikendalikan.

Bushing arm berada di kaki-kaki mobil. Di mana semua getaran dan gesekan mesin akan diredam oleh komponen itu. Bushing arm sendiri terbuat dari dua bahan. Baik bahan karet maupun bahan lainnya yang merupakan antara plastik dan karet.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Penyebab Bushing Mobil Rusak

Banyak sekali penyebab bushing mobil rusak. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang mempunyai mobil. Karena, dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencegah terlebih dulu sebelum terjadinya kerusakan.

Ada berbagai penyebab bushing rusak mulai dari usia karet bushing yang sudah tua, hingga mobil yang digunakan dengan kapasitas berlebihan. Hal-hal semacam ini sebaiknya dihindari. Selain itu, jangan lupa pula lakukan pengecekan setiap hari.

Ciri-Ciri Bushing Arm yang Mengalami Kerusakan

Ciri-ciri bushing mobil mengalami kerusakan bisa dirasakan oleh para sopir. Meskipun komponen ini tidak terlihat, tetap saja ada beberapa keanehan yang membuat mobil menjadi kurang nyaman digunakan. Bagi yang belum tahu, berikut ciri-cirinya:

1. Terdengar Bunyi Aneh dari Kolong Mobil

Kolong mobil biasanya tidak menimbulkan suara apa-apa. Hanya gesekan ban seperti biasanya. Namun, ketika terdengar suara aneh dari arah sana, maka bisa saja suara itu merupakan tanda jika bushing mobil rusak. Karet bushing yang rapuh akan menimbulkan suara aneh dari kolong mobil. Maka, tidak mengherankan apabila mobil yang semula tidak bersuara menjadi berisik. Proses tersebut terjadi disebabkan oleh adanya benturan antara sasis dan armnya.

Baca juga ini:  Atasi Lower Arm mobil Nissan Livina yang Bermasalah dengan Ini

Jika sudah terdengar bunyi aneh, sebaiknya segera cek apakah benar bunyi itu muncul karena adanya kerusakan pada bushing mobil atau bukan. Meskipun tampak sepele, ternyata kerusakannya bisa membuat mobil menjadi kurang stabil.

2. Mobil Tidak Stabil Saat Digunakan

Berkendara tentunya memerlukan kenyamanan dan keselamatan. Maka tak heran, apabila pemilik mobil hendak pergi, mereka selalu mengecek terlebih dulu mobil yang akan digunakan. Mulai dari mesin mobil hingga bushingnya.

Ciri bushing mobil yang mengalami kerusakan dapat dirasakan ketika pengemudi menjalankan mobilnya. Apabila mobil berjalan tidak stabil dan setir sulit dikendalikan, maka kemungkinan bushingnya sedang rusak. Makanya, ketika mengecek, sebaiknya lakukan dengan menjalankan mobil. Jangan sampai mengecek mobil hanya dalam keadaan berhenti.

3. Muncul Bunyi dari Bawah Jok Depan

Bawah jok depan tidak akan mengeluarkan suara apabila mobil sedang baik-baik saja. Namun, jika ada suara decit dari bawah jok, sudah dipastikan itu terjadi karena bushing mobil rusak. Tentunya, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut begitu saja, maka akan sangat membahayakan.

Bunyi tersebut terjadi akibat dari karet mengalami keretakan. Penyebab utama karet itu bisa retak adalah karena beban bushing terlalu berat. Semua ini bisa terjadi apabila mobil kerapkali digunakan pada jalanan rusak atau berlubang. Jalan semacam itulah yang membuat karet cepat sekali rusak.

Mengetahui penyebab kerusakan bushing arm mobil merupakan tindakan pencegahan yang baik. Apalagi jika sudah mengetahui ciri-ciri bushing arm mobil saat mengalami kerusakan. Pemilik mobil tentunya tidak akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena kerusakannya. Jika Anda sedang mencari bushing arm mobil terbaik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau, kami merekomendasikan protoflex.id.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.