West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Perbedaan Polyurethane dan Karet: Mana yang Lebih Cocok untuk Mobil Anda?

Blog thumbnail

Perbedaan Polyurethane dan Karet: Mana yang Lebih Cocok untuk Mobil Anda?

Blog thumbnail

Polyurethane dan karet merupakan bahan dari bushing mobil. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena seringnya digunakan untuk mobil, membuat orang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal bahan polyurethane dan karet tersebut jelas-jelas berbeda. Dari nama hingga strukturnya pun sangat berbeda. Bukan hanya pada bushing, bahan ini juga kerap digunakan pada industri lainnya. Seperti sepatu bot hingga ban motor dan mobil.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Pengertian Bahan Polyurethane dan karet

Sebelum mengetahui perbedaan dan kelebihannya masing-masing. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu pengertian dari keduanya. Karet adalah elastomer yang memiliki sifat elastis. Karet dibuat dari dua bahan yakni bahan alami dan sintesis.

Sedangkan, polyurethane merupakan sintesis yang terbuat dari campuran karet dan plastik. Kedua campuran ini pun berpadu hingga membentuk bahan baru. Bisa digunakan untuk ban dan yang lainnya. 

Perbedaan Bushing Polyurethane dan Karet

Dari segi nama dan pengertiannya, kedua bahan ini sudah tampak perbedaannya. Namun kali ini, ada perbedaan berdasarkan kualitasnya yang wajib Anda ketahui. Sehingga, Anda tahu mana yang cocok untuk mobil Anda. Berikut perbedaan dan keunggulannya:

1. Tahan Lama

Perbedaan kualitas yang pertama dapat dilihat dari ketahanannya. Meskipun memiliki sifat fleksibel dan elastis yang sama, untuk ketahanannya, Polyurethane lebih tahan lama ketimbang karet. Apalagi untuk bushing. Kekuatan yang dimiliki Polyurethane saat melakukan paparan terus-menerus dan peregangan secara berulang kali sangatlah kuat. Sehingga, membuat bushing berbahan ini dapat bertahan lama selama masa pakai kendaraan. Selain untuk bushing, kedua bahan ini juga digunakan untuk komponen mobil lainnya. Seperti bumper, spoiler, spakbor, dan masih banyak lagi. 

Baca juga ini:  Tipe-Tipe Shockbreaker Mobil Populer

2. Efektivitas

Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari efektivitas. Efektivitas tentunya berbeda dengan tahan lama. Efektivitas sendiri berkaitan dengan proses kinerjanya. Sedangkan, tahan lama berkaitan dengan waktu penggunaannya. Pada bagian efektivitas ini, karet lebih unggul dari bahan lainnya. Apalagi saat digunakan untuk membuat bushing. Bahan karet sangat efektif karena bisa meredam dan menyerap semua kebisingan jalan.

3. Harga

Ketika hendak membeli sesuatu, setiap orang pasti mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya harga. Begitu juga saat hendak membeli Bushing mobil. Orang-orang juga akan mempertimbangkan berapa harganya. Dari kedua bahan tersebut, karet menjadi bahan yang unggul soal harga. Karena harganya lebih murah dan terjangkau dari bahan satunya. Ada toko bushing murah yang paling recommended yaitu protoflex.id. Di sana tersedia banyak bushing dan harganya pun sangat terjangkau.

4. Cara Mendapatkannya

Bushing karet menjadi bushing yang sering digunakan. Karena, menurut beberapa orang bushing berbahan ini mudah sekali didapatkan. Tetapi saat ini, Bushing berbahan Polyurethane juga sudah mudah didapatkan. Banyak toko-toko otomotif yang menjual keduanya. Di antara bahan yang lain, keduanya memiliki kesamaan. Bahkan beberapa orang sering menggunakannya.

Fungsi Bushing Arm Mobil

Bagi Anda yang belum mengetahui fungsi Bushing Arm Mobil ada baiknya Anda mencari tahu. Karena, meskipun kecil, Bushing memiliki fungsi yang penting untuk mobil. Fungsi utamanya adalah untuk titik tumpu roda mobil terhadap pencengkeramnya. Sedangkan, fungsi lainnya adalah untuk meredam getaran. Baik getaran yang berasal dari mesin mobil maupun dari pergesekan mobil itu sendiri di jalanan. Apabila dilihat dari bentuknya, bushing mobil memang tampak sepele. Tetapi, memiliki peran yang sangat penting. Ada dua bahan yang bisa dipilih diantaranya adalah Polyurethane dan karet

Baca juga ini:  Simak Tips Atasi Bush Arm Wuling Almaz yang Rentan Rusak dan Gluduk Gluduk Disini

Itulah perbedaan Bushing Arm Polyurethane dan Karet. Jika Anda mencari Bungshing Arm dengan kualitas terbaik, Anda dapat mengunjungi protoflex.id.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.