West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Rahasia Low Budget Atasi Body Roll pada Toyota Fortuner

Body Roll

Rahasia Low Budget Atasi Body Roll pada Toyota Fortuner

Body Roll

Mengatasi masalah body roll pada Toyota Fortuner dengan anggaran yang terbatas memang bisa menjadi tantangan. Body roll adalah gerakan miring atau bergoyang pada kendaraan saat melewati tikungan atau berbelok. Ini sering kali terjadi pada SUV atau truk ringan seperti Toyota Fortuner karena pusat gravitasinya yang lebih tinggi. Berikut adalah cara mengatasi body roll pada toyota fortuner dengan budget yang minim.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Penyebab Body Roll Terjadi

“Body roll” dalam konteks otomotif mengacu pada gerakan lateral atau miring yang terjadi pada badan kendaraan, terutama saat kendaraan sedang bermanuver atau berbelok. Penyebab utama body roll dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk desain suspensi, berat kendaraan, pusat gravitasi, dan kondisi jalan. Berikut beberapa penyebab umum dari body roll: 

Penyebab pertama adalah ketinggian bodi mobil yang berlebihan. Ketika bodi mobil terlalu tinggi, penumpang mungkin merasa tidak stabil saat mobil belok. Ketinggian ini dapat menghasilkan gaya dorong yang lebih besar ketika mobil berbelok, terutama saat muatan penuh. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan akibat kehilangan keseimbangan.

Contoh kehidupan nyata adalah truk yang cenderung terguling saat melintasi tikungan tajam, terutama dalam keadaan kosong atau penuh. Sebaliknya, mobil balap dengan body yang rendah dapat melewati tikungan tajam dengan kecepatan tinggi tanpa resiko terguling, berkat desain yang lebih stabil.

Selain itu, jarak antara mobil dan tanah yang tinggi (ground clearance) juga dapat berkontribusi pada risiko limbung. Saat mobil dengan ground clearance yang tinggi bergerak cepat atau berubah jalur, stabilitasnya dapat terpengaruh, menyebabkan ketidakseimbangan di bagian belakang. Bahkan, pada tikungan tertentu, mobil tersebut mungkin kehilangan kendali atau terjatuh.

Baca juga ini:  Review Instalasi Bushing Lower Arm Protoflex untuk Xpander Semakin Nyaman dan Tidak Limbung

Suspensi mobil yang terlalu lembut juga dapat menyebabkan body roll yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Suspensi yang kurang kokoh membuat mobil lebih cenderung terguling saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi, mengorbankan stabilitas. Sebaliknya, mobil balap biasanya menggunakan suspensi yang lebih kaku untuk menjaga keseimbangan.

Oleh karena itu, mengemudi dengan kecepatan tinggi juga harus dilakukan dengan hati-hati, dan pengemudi perlu memiliki pemahaman yang baik tentang kapan harus melambatkan laju kendaraan. Kesadaran akan faktor-faktor ini penting untuk meminimalkan risiko terjadinya limbung dan menjaga keselamatan selama berkendara.

BACA JUGA: FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA LINK STABILIZER AVANZA DAN FUNGSINYA

Cara Mencegah Body Roll pada Fortuner

1. Mengganti Suspensi dengan suspensi premium / performance

Menukar suspensi mobil yang ringan dengan suspensi yang lebih keras dapat meningkatkan stabilitas mobil, bahkan saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Meskipun demikian, disarankan untuk mengurangi kecepatan saat melewati tikungan agar tetap menjaga keselamatan kendaraan.

2. Memasang Karet Sport Damper / Spring Buffer

Alternatif lain untuk mengatasi potensi limbung adalah dengan memasang karet sport damper. Karet ini dipasang pada bagian coil spring dan berfungsi untuk membatasi gerakan suspensi. Penggunaan karet sport damper dapat mengurangi gaya dorong yang terjadi saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

3. Melakukan Pemasangan Strut Stabilizer Bar Aftermarket

Tindakan ketiga yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah tersebut adalah dengan memasang strut stabilizer bar Aftermarket . Komponen ini dapat dipasang di bagian bawah mobil atau di kap mesin. Strut stabilizer bar Aftermarket  berperan dalam mengikat suspensi, namun sebaiknya pemasangannya dilakukan di bengkel resmi untuk menghindari kerusakan pada mobil.

Ketiga cara tersebut dapat mengatasi gejala limbung atau body roll secara signifikan. Namun perlu diperhatikan bahwa produk produk seperti Stabilizer / strut bar Aftermarket sebenarnya diperuntukan untuk performance atau racing. Sehingga mobil menjadi stabil secara signifikan namun sangat rigid dan stiff yang mana belum tentu cocok atau nyaman untuk pengguna harian.

Baca juga ini:  Kaki-kaki Nissan Livina Suka Bunyi Gluduk Gluduk? Gini Cara Atasinnya

Rahasia Atasi Body Roll atau Limbung pada Fortuner Low Budget dan Tetap Nyaman untuk Pemakaian Harian

Kini telah hadir PROTOFLEX STAGE 1 STABILITY & HANDLING PACK untuk Fortuner VRZ sebagai solusi untuk otolovers yang menginginkan body roll yang berkurang secara signifikan namun tetap nyaman untuk pemakaian harian.

Dengan melakukan upgrade ini, Anda dapat mengalami sejumlah keuntungan yang signifikan. Pertama, handling dan kemampuan steering akan menjadi lebih responsif, memberikan pengalaman mengemudi yang lebih terkontrol dan nyaman. Selain itu, kemampuan untuk mengurangi limbung atau body roll saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi akan meningkat, sehingga memberikan rasa stabil dan aman dalam mengemudi.

Upaya ini juga akan memaksimalkan kinerja stabilizer bar pada kendaraan, mengurangi risiko oversteer, dan secara keseluruhan meningkatkan tingkat keamanan berkendara. Khusus dirancang dan diformulasikan dengan bahan Polyurethane grade industri, produk ini dapat beradaptasi dengan baik dengan kondisi jalan dan cuaca di Indonesia.

Bushing Protoflex menawarkan kualitas dan performa yang melebihi komponen asli pabrik (OEM) serta memiliki daya tahan terhadap suhu, air, zat kimia, dan cuaca, sehingga memberikan keandalan jangka panjang dan ketahanan seumur hidup bagi mobil Anda. Bahkan mobil baru pun akan mengalami peningkatan performa berkendara yang nyata dengan pemasangan Protoflex. Desain “plug and play” dari karet stabilizer Protoflex memudahkan proses pemasangan, sehingga Anda dapat mengaplikasikan upgrade ini dengan mudah.

Dengan keyakinan akan kualitas produknya, Protoflex dengan bangga memberikan garansi seumur hidup (Lifetime Warranty) yang diindikasikan dengan logo ‘Lifetime Warranty’ yang tertera pada kemasannya. Dengan demikian, Anda dapat merasakan manfaat nyata dari upgrade ini dan merasakan perubahan signifikan dalam performa dan kenyamanan berkendara Anda.

BACA JUGA: RAHASIA LOW BUDGET ATASI BODY ROLL PADA TOYOTA FORTUNER

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.