West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Review Karet Suspensi Innova Reborn Anti Limbung dari Protoflex Stage 1

suspensi innova reborn

Review Karet Suspensi Innova Reborn Anti Limbung dari Protoflex Stage 1

suspensi innova reborn

Toyota Kijang Innova sudah melekat di hati peminat otomotif tanah air sebagai mobil MPV terbaik di kelasnya. Terkenal dengan kenyamanan dan kesan berkelas, menjadikan Kijang Innova sebagai pilihan utama mobil keluarga. 

Namun tahukah Otolovers, dibalik segala keunggulannya ternyata tidak sedikit pengguna Kijang Innova yang mengeluhkan gejala limbung dan body roll yang terasa terutama saat berbelok dan bermanuver di kecepatan tinggi. Kendala yang juga dirasakan oleh Youtuber Otomotif Kurniadi Channel. Setelah mencoba banyak cara untuk mengatasi limbung dan body roll pada Kijang Innova miliknya, akhirnya youtuber yang punya hobi modifikasi mobil ini berhasil menemukan solusi mengatasi limbung pada Kijang Innova menggunakan karet suspensi Innova reborn anti limbung dari Protoflex.

Mengutip dari kanal youtube Kurniadi Channel, om Kurniadi, begitu dia akrab disapa, berusaha membagikan review penggunaan karet suspensi Protoflex untuk Innova Reborn dari mulai proses pemasangan hingga kesenangan berkendara setelah menggunakan karet suspensi Innova Reborn dari protoflex. 

Body roll atau limbung pada Kijang Innova saat bermanuver di kecepatan tinggi dan berbelok disebabkan oleh karakter suspensi bawaan pabrik yang cenderung empuk dan juga merupakan konsekuensi dari sebuah mobil MPV yang cenderung memiliki center of gravity yang lebih tinggi. Hal inilah yang mengakibatkan pengguna merasakan limbung saat berkendara baik saat ngebut atau berbelok. 

Pada kasus mobil Innova Reborn milik Om Kurniadi, keluhan utamanya adalah kenyamanan berkendara yang terasa berbeda dibanding saat awal pembelian. Dikarenakan semakin tua usia mobil, kualitas karet stabilnya jadi berkurang. Terlebih lagi komponen bawaan mobilnya yang menggunakan bahan karet biasa sehingga seiring bertambah tahun karetnya mulai mengeras dan pecah. Hal itulah yang melatarbelakangi Om Kurniadi untuk melakukan upgrade menggunakan Protoflex.

Baca juga ini:  Fungsi Lower Arm dan Tanda-Tanda Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil

Produk yang dipasangkan dalam video:

Kode Produk: TID-STG001 (TI-11F015, TID-03F001, dan TI-43R022)

Jenis Produk: Protoflex Stage 1 Pack (Karet stabil depan, Karet link stabil depan, Karet panhard belakang)

Kompatibilitas: Toyota Innova 2.4 Diesel 04-ON

Garansi Produk: Seumur Hidup

Untuk isi dari kemasan karet stabil Protoflex Stage 1 sendiri terdiri dari:

  • 1 set karet link stabil depan
  • 1 set karet stabil / anti roll bar
  • 1 set lateral panhard set (2 kecil, 1 besar)

Sebagai catatan, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, komponen karet suspensi Kijang Innova menggunakan bahan karet biasa. Dimana semakin lama usia pemakaiannya karet akan mulai terdegradasi dan getas. Hal ini dapat menyebabkan karet stabil tidak mampu menopang batang stabil sebaik di awal. Ditambah karakter karet yang empuk menyebabkan mobil mengayun ketika bermanuver di kecepatan tinggi dan berbelok. Pemilihan karet stabil berbahan Polyurethane bisa menjadi solusi mengatasi masalah tersebut. Dengan tingkat kekerasan dan ketahanan yang lebih baik dibanding karet biasa mampu mempertahankan kestabilan kendaraan dan mengurangi limbung saat bermanuver di tikungan.

Protoflex sebagai market leader produk bushing polyurethane buatan Indonesia banyak dipilih pecinta otomotif sebagai solusi mengatasi limbung. Diformulasikan khusus dengan industrial grade polyurethane untuk performa dan kondisi berkendara di Indonesia, Protoflex terbukti mampu meningkatkan stabilitas mobil, membuat handling lebih responsif sehingga semakin percaya diri ketika bermanuver di kecepatan tinggi dan tikungan.

BACA JUGA: APA PERBEDAAN BUSHING PROTOFLEX VS ORIGINAL?

Berikut adalah kondisi karet stabil karet bawaan pabrik yang sudah mulai getas dan melar, sehingga harus segera diganti dengan produk dari Protoflex.

Proses Pemasangan Karet Stabilizer 

Kami merekomendasikan pemasangan produk dilakukan oleh montir atau teknisi profesional dari bengkel yang sudah biasa melakukan pemasangan karet suspensi. Cek prosedur pemasangan karet stabil disini.

Baca juga ini:  Cara Memilih Shockbreaker Mobil Belakang yang Tepat

Di bawah ini merupakan langkah-langkah pemasangan produk karet stabilizer:

1. Lepas karet stabilizer original dari batang stabilizer.

2. Bersihkan batang stabilizer dari sisa grease dan kotoran.

3. Gunakan Teflon Tape (tersedia dalam kemasan) ke batang stabilizer pada bagian yang akan dipasangkan karet stabilizer.

Pastikan tidak ada gundukan dan rata, sekitar 1-2x putaran. (fig.1)

4. Lumasi bagian batang stabilizer yang sudah diberikan teflon tape dan seluruh bagian karet stabilizer yang akan bersentuhan dengan besi menggunakan grease dari Protoflex secara merata.

5. Pasang karet stabilizer Protoflex pada batang stabilizer sesuai standar. (fig.2)

Di bawah ini merupakan keadaan karet stabilizer usai proses instalasi menggunakan produk Protoflex.

Bagaimana rasa berkendara Innova Reborn milik om Kurniadi setelah dipasangkan Protoflex STAGE 1 Pack?

“Setelah ganti karet stabilizernya, ini jauh lebih stabil dan nyaman dari sebelumnya. Mobil tidak mentul-mentul lagi dan handlingnya lebih nyaman dan mantap. Langsung aja upgrade pakai produk Protoflex.”

Quoted from video review by Kurniadi Channel.

Kesimpulannya

Penggunaan Protoflex STAGE 1 Pack pada Innova reborn akan memberikan improvement pada stabilitas dan kenyamanan berkendara. Anda akan merasakan sejumlah manfaat seperti: 

  1. Kemudi mobil jadi lebih responsif.
  2. Kondisi body roll atau limbung berkurang drastis.
  3. Kenyamanan mobil terasa lebih optimal.
  4. Handling yang semakin mantap.
  5. Memperpanjang umur mobil dari sebelumnya.

Lantas, bagaimana? Setelah mengetahui manfaatnya, apakah kamu juga ingin mengupgrade karet suspensi Innova Reborn pakai Protoflex? Untuk informasi lengkapnya, bisa cek produk Protoflex STAGE 1 Pack untuk Toyota Innova disini, ya.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.