West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Stabilizer Bar: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

stabilizer bar

Stabilizer Bar: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

stabilizer bar

Kamu mungkin belum terlalu akrab dengan sejumlah komponen mobil yang punya tugas penting. Salah satu contohnya adalah stabilizer bar yang juga sering disebut sway bar. Namun, jangan anggap remeh bagian ini, karena ternyata punya peran yang cukup vital. Terutama dalam hal keselamatan berkendara, lho.

Stabilizer bar sendiri adalah komponen yang menjaga agar body mobil tetap seimbang saat berbelok. Jadi, sebagaimana namanya, komponen ini benar-benar berperan penting untuk menjaga mobil kamu tetap stabil di berbagai kondisi jalanan.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Saja Fungsi Stabilizer Bar?

Berikut ini telah kami rangkum apa saja sih fungsi dari stabilizer bar, yakni:

1. Menjaga Mobil Tetap Dalam Kondisi Stabil

Fungsi stabilizer yang pertama ialah untuk memastikan mobil kamu tetap dalam kondisi stabil kapanpun dan dimanapun kamu berkendara. Ketika kamu menghadapi medan jalan yang berat atau jalanan yang bergelombang, peran stabilizer ini akan semakin terasa. 

Dengan bekerja secara optimal, stabilizer berusaha agar mobil tak limbung dan menjaga agar mobil tetap kokoh serta tidak goyang-goyang. Maka dari itu, tak heran kalau kehadiran komponen ini bener-bener berpengaruh sekali untuk kenyamanan kamu sebagai pengendara.

2. Meningkatkan Daya Cengkram Roda Mobil

Salah satu peran utama komponen ini adalah meningkatkan daya cengkram roda ketika kamu mengemudikan mobil. Adanya stabilizer ini menghasilkan cengkeram yang lebih kuat sekaligus stabil terhadap roda. Membuat mobil dapat dikendarai dengan nyaman di berbagai kondisi jalan. Sehingga kamu sebagai pengemudi bisa merasa jauh lebih aman dan tenang selama perjalanan.

3. Meminimalisir Terjadinya Kemiringan

Terakhir, stabilizer bar juga mempunyai peran penting dalam meminimalisir terjadinya body roll/kemiringan pada mobil. Pada umumnya, kemiringan ini sering terjadi saat mobil melintasi suatu tikungan/belokan dan akhirnya mengalami gaya sentrifugal. Nah, kehadiran stabilizer inilah yang akan memastikan mobilmu tetap dalam posisi stabil/tak terpental saat melewati tikungan. 

Baca juga ini:  5 Faktor Mengapa Mobil Limbung, Mengganggu Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Kamu mungkin pernah merasakan mobilmu tiba-tiba limbung begitu bermanuver atau berbelok. Ini bisa disebabkan oleh kinerja stabilizer yang tak berjalan optimal. Sehingga membuat mobil kamu menjadi kurang stabil saat bermanuver ke kiri ataupun ke kanan.

Bagaimanakah Cara Kerja Stabilizer Bar?

Kamu mungkin penasaran, bagaimana sih sebenarnya sistem stabilizer pada mobil bekerja? Tenang, meskipun terlihat kompleks, prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana.

Kamu akan merasakan bagaimana stabilizer bar bekerja pada saat roda kanan-kiri bergerak naik-turun bersama-sama dengan arah dan jarak yang sama. Ketika mobil kamu berbelok, pegas pada roda bagian luarnya akan terpaksa tertekan. Sementara itu, pegas pada roda bagian dalamnya justru akan cenderung mengembang.

Pada saat ujung stabilizer tertekan ke atas-bawah, hal ini bisa membuat stabilizer bar terpuntir. Batang stabilizer sendiri akan menahan puntiran tersebut dan mencegah mobil bergoyang-goyang saat berbelok. Fungsinya untuk mengurangi resiko ‘body roll’ dan menjaga agar mobil tetap stabil saat bermanuver. Dengan begitu, kamu tetap akan aman dalam batas kemiringan yang wajar.

Nah, apabila kamu ingin memaksimalkan fungsi dan kinerja stabilizer bar, cobain deh mulai sekarang pakai produk Protoflex Karet Stabilizer! Produk ini tersedia untuk berbagai jenis mobil, lho, mulai dari mobil Innova, Pajero,  dan lain-lain.

Protoflex sendiri memang tidak menjual stabilizer bar, namun kami menjual karet stabilizernya—komponen krusial yang seolah tak terlihat tapi berperan penting dalam menjaga suspensi tetap stabil. Kami menghadirkan karet stabilizer yang berfungsi sebagai bantalan untuk menahan stabilizer bar pada bagian suspensi mobil dengan baik.

Selain itu, Protoflex juga memberikan garansi seumur hidup, lho! Terlebih lagi karet stabilizer dari Protoflex ini terbuat dari bahan polyurethane yang terkenal unggul dalam hal daya tahannya. Terutama tahan terhadap keausan dan gesekan. Dengan demikian, produk ini adalah elemen kunci dalam menjaga stabilitas suspensi mobilmu. Sehingga membuat perjalananmu menjadi lebih nyaman dan aman. Dengan kualitas tinggi yang kami tawarkan, kamu dapat yakin bahwa mobil akan tetap stabil di jalan, terlepas dari apapun kondisi medan yang dihadapi.

Baca juga ini:  Karet Kaki Kaki Mobil Honda Mobilio Anda Baru Diganti, namun sudah Jebol dalam 3 Bulan? Simak Solusinya

Jadi, apa kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk karet stabilizer bar kami? Kamu bisa menjelajahi berbagai pilihan yang tersedia di sini. Kami juga selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk mobil kamu. Dengan Protoflex, kami pastikan perjalananmu akan menjadi lebih lancar.

BACA JUGA: MULAI 350RBAN BISA ATASI MASALAH KAKI KAKI LOWER ARM MOBILIO

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.