West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Tips Cara Mengecek Komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak

Blog thumbnail

Tips Cara Mengecek Komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak

Blog thumbnail

Bentuk kenyamanan dalam berkendara jarak jauh adalah menggunakan mobil. Namun, bagaimana jika kendaraan tersebut terlihat bermasalah saat di tengah jalan? Tentunya kondisi tersebut sangat merepotkan Anda. Pada umumnya, hal tersebut terjadi lantaran Kaki-Kaki Mobil Rusak ringan atau parah. Jika tidak segera ditangani, maka Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perbaikan dan perubahan total. 

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tips cara melakukan pengecekan pada komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga akan merasa tenang dan aman ketika berangkat bekerja, melakukan perjalanan jarak jauh bahkan liburan keluarga. Nah, informasi ini kami hadirkan agar Anda paham betul cara mengecek kerusakan yang terjadi pada kaki-kaki mobil.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Tips Memeriksa Kaki-Kaki Mobil Rusak

Mengecek komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak merupakan tugas yang rumit, tetapi ada beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti, di antaranya:

1. Perhatikan Gejala yang Terjadi

Salah satu poin terpenting untuk memeriksa Kaki-Kaki Mobil Rusak adalah memperhatikan gejala yang terjadi pada saat itu. Anda dapat mendengarkan suara aneh saat melintasi jalan yang tidak rata. Contohnya suara berderit, gemeretak atau berdenting saat melewati gundukan atau lubang. Hal itu dapat menunjukkan kerusakan pada suspensi atau peredam kejut. Selain itu, Anda pun juga perlu mendeteksi apakah perubahan pada kemudi, seperti getaran, kebocoran atau kesulitan saat memutar kemudi. Ini merupakan tanda – tanda ban aus, keropos, bocor atau tidak rata. Sehingga Anda harus segera menggantinya dengan ban baru.

2. Periksa Visual Komponen Suspensi

Suspensi merupakan bagian yang tidak boleh rusak pada mobil. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda memeriksa suspensi depan dan belakang. Perhatikan apakah ada retakan, kerusakan, atau kebocoran pada peredam kejut, pegas dan bagian suspensi lainnya. Selanjutnya Anda juga memeriksa kondisi batang penghubung (Tie Rod), sendi bola (Ball Joint) dan bantalan (Bushing Arm) pada suspensi. Pastikan saja bahwa tidak ada keausan berlebihan, sobekan, atau kerusakan pada komponen – komponen ini. Kemudian, Anda perlu memeriksa keadaan rem apakah tromol atau cakram pada kampas mobil tersebut tidak mengalami kerusakan atau aus.

Baca juga ini:  Bump Stop: Pengertian, Fungsi, dan Harga Untuk Suspensi Kendaraan Anda

3. Uji Mobil Saat Dikendarai

Tips berikutnya yaitu lakukan pengujian stabilitas mobil saat dikendarai. Coba lakukan manuver sederhana seperti berbelok atau beralih jalur. Perhatikan apakah mobil Anda tetap stabil atau terasa tidak limbung pada saat melintasi jalan yang tidak rata atau saat berbelok. Ketidakstabilan ini dapat menunjukkan masalah pada suspensi atau sistem kemudi. Ketahui pula bahwa mobil cenderung menarik ke satu sisi saat dikendarai atau ketika rem ditekan. Kondisi ini menjadi penyebab utama komponen kaki-kaki mobil harus segera ditangani.

4. Cek Perataan Roda

Sangat penting juga untuk melakukan pengecekan pada perataan roda (Wheel Alignment). Selalu periksa apakah roda mobil Anda benar – benar berada dalam kondisi baik dan sesuai dengan spesifikasi pabrik. Jika struktur roda tersebut tidak rata atau tidak seimbang, maka hal tersebut dapat menyebabkan keausan ban sehingga menyebabkan kerusakan lain pada komponen lainnya. Perlu diketahui bahwa perataan roda dapat dilakukan sekali dalam setahun atau secara berkala.

5. Datangi Bengkel Mobil Terpercaya

Dan tips terakhir adalah meminta pendapat para ahli mekanik. Jika Anda tidak yakin dengan hasil pemeriksaan sendiri, sebaiknya bawa mobil tersebut ke bengkel atau mekanik terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil.

Penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan komponen mobil setiap hari. Merawat dan memperbaiki komponen Kaki-Kaki Mobil Rusak akan memastikan keselamatan dan kinerja mobil yang optimal. Segera lakukan perbaikan jika ditemukan masalah serius pada mobil. 

Jika Anda membutuhkan bushing arm berkualitas maupun komponen kaki-kaki mobil lainnya, segera kunjungi situs protoflex.id.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.