West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Tips Cara Mudah Cek Kondisi Bushing Arm Mobil

bushing arm

Tips Cara Mudah Cek Kondisi Bushing Arm Mobil

bushing arm

Bushing arm merupakan salah satu komponen yang tidak boleh dikesampingkan. Meski ukurannya kecil, komponen ini harus selalu diperhatikan sebab sangat mempengaruhi kinerja dan performa mobil saat dikendarai. Bahkan jika terjadi kerusakan bisa berpotensi membahayakan nyawa pengguna jalan. Itulah sebabnya para pemilik mobil perlu cek kondisinya secara berkala.

BACA JUGA: APA ITU BUSHING ARM: PENGERTIAN, TANDA-TANDA KERUSAKAN DAN CARA MEMPERBAIKI

Bushing arm memiliki peranan yang cukup vital, khususnya di bagian handling mobil. Komponen ini biasanya terpasang di area kaki – kaki mobil. Bentuknya seperti tabung besi berukuran kecil dan di bagian tengah atau dalamnya terdapat karet. Bahan karet tersebut berguna untuk menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi singgungan atau gesengan antar logam.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Adapun fungsi lain dari keberadaan komponen ini pada mobil adalah memberikan efek peredam terhadap berbagai getaran, baik dari mesin maupun pergerakan kendaraan saat dikemudikan. Selain itu juga berfungsi sebagai penyeimbang suspensi kendaraan.

Peranan dan fungsinya yang cukup penting itulah membuat komponen ini harus selalu diperhatikan dan dicek kondisinya sebelum mobil digunakan untuk berkendara. Ada beberapa tips cara mudah cek kondisinya yang bisa dilakukan sebelum menggunakan mobil.

BACA JUGA: MENGENAL APA ITU CONTROL ARM? JENIS-JENIS DAN FUNGSINYA

Tips Cara Mudah Cek Kondisi Bushing Arm Mobil

1. Mengeluarkan suara berdecit atau kasar

Saat mobil digunakan dengan kecepatan laju tertentu, keluar suara berdecit atau kasar yang bersumber dari bagian kaki – kaki mobil. Jika sudah demikian, maka bisa dipastikan bushing arm rusak. Bunyi tersebut disebabkan oleh karetnya yang getas atau retak – retak.

Baca juga ini:  Mitsubishi Pajero Anda Limbung? Pakai Karet Stabilizer Ini Saja

2. Laju mobil berubah

Tips yang kedua adalah dengan memperhatikan laju mobil. Jika saat mobil bergerak melewati jalan yang memiliki ketinggian berbeda laju mobil berubah tanpa mengubah arah lingkar kemudinya, maka bisa dipastikan bushing arm mobil rusak. Jika terjadi kerusakan yang parah, kemudi akan lebih banyak bergerak bebas saat melewati marka jalan.

3. Suara benturan antar besi atau logam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bushing arm merupakan komponen yang di dalamnya terdapat bahan karet. Jika saat mobil dikemudikan mengeluarkan suara benturan antar besi atau logam, maka komponen tersebut mengalami kerusakan dibagian karetnya. Suara tersebut tentu akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara.

4. Mobil terasa tidak seimbang

Komponen ini memiliki tanggung jawab untuk menyeimbangkan suspensi mobil. Jika saat mobil digunakan dalam kecepatan laju tertentu terasa seperti melayang dan handling oleng dengan sendirinya, maka dapat dipastikan kondisi bushing arm mobil mengalami kerusakan. 

5. Terasa tidak nyaman saat melewati jalan berlubang

Mobil terasa tidak nyaman saat melewati jalan berlubang juga menjadi tanda bahwa bushing harus segera diganti. Dapat dipastikan bahwa kondisi komponen tersebut sudah rusak. Jika komponen tersebut rusak, kemudi mobil akan sangat rentan berubah arah dikarenakan getaran yang tidak teredam.

Untuk mengembalikan kenyamanan berkendara, segera ganti bushing mobil dengan yang baru. Komponen tersebut bisa didapatkan di toko atau bengkel yang menjual kebutuhan otomotif seperti protoflex.id. Disana menyediakan bushing untuk berbagai jenis dan tipe mobil. Selain harga yang bervariasi, juga ada garansi seumur hidup.Itulah tips cara mudah cek kondisi bushing arm mobil.

Tips – tips di atas dapat membantu pemilik mobil untuk lebih merawat komponen – komponen mobilnya agar kinerja dan performanya tidak terganggu, terutama dari segi handling atau kemudi. Jika bushing ini sudah tidak dapat diperbaiki, segera menggantinya dengan yang baru. Cek bushing arm mobil di protoflex.id sebelum membeli.

Baca juga ini:  Penyebab dan Ciri-Ciri Bushing Arm Mengalami Kerusakan

Kesimpulan

meskipun ukurannya kecil dan seringkali terabaikan, bushing arm merupakan komponen krusial dalam kinerja mobil, terutama pada bagian handling dan suspensi. Kerusakan pada bushing dapat mengakibatkan risiko kecelakaan dan mengurangi kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk secara berkala memeriksa kondisi bushing dengan memperhatikan indikator seperti suara berdecit, perubahan laju mobil, suara benturan logam, ketidakseimbangan mobil, dan ketidaknyamanan saat melewati jalan berlubang. Mengganti bushing yang rusak dengan yang baru adalah langkah penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Tips cek kondisi bushing ini dapat membantu pemilik mobil dalam merawat dan menjaga performa mobil mereka.

BACA JUGA: FUNGSI LOWER ARM DAN TANDA-TANDA KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA MOBIL

Rekomendasi Produk Kami:

  • Protoflex Bush Arm Depan (Atas) Isuzu Dmax 2.5 MUX 13-19

    Rp1.000.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Avanza Daihatsu Xenia 03-11

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Raize Daihatsu Rocky 21-ON

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Rush Daihatsu Terios 06-17

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Kecil) Avanza Xenia 03-11 Rush Terios 06-17

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Besar Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Kecil Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) All New Yaris 14-ON Vios Gen 3

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) Livina Evalia Xtrail T32

    Rp800.000

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.