West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Apa itu Lower Arm? Pengertian, Fungsi dan Tanda-Tanda adanya Kerusakan

Lower Arm

Apa itu Lower Arm? Pengertian, Fungsi dan Tanda-Tanda adanya Kerusakan

Lower Arm

Tahukah kamu bahwa lower arm atau lengan ayun bagian bawah sangatlah penting dalam sistem suspensi mobil? Ibarat fondasi bagi sebuah bangunan, tanpa lengan ayun ini, mobil akan terasa tidak stabil saat melaju di jalan. Lantas apa sajakah fungsi dari komponen ini?

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Pengertian dan Fungsi dari Lower Arm serta Bushing Lower Arm

Lower arm adalah salah satu komponen penting dalam sistem suspensi dan terletak di bagian bawah mobil, tepat di bawah bodi dan di depan roda. Kamu bisa menemukannya dengan mudah jika melihat mobil dari samping. Komponen ini jugalah yang menghubungkan roda depan dengan rangka mobil. 

Fungsi lower arm sendiri sangat vital dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan berkendara. Ketika mobil bergerak, lengan ayun bawah ini akan menjadi penopang knuckle dan penahan beban dari roda depan. Sehingga memungkinkan kamu untuk mengendalikan mobil dengan baik, terutama saat menikung.

Sementara bushing lower arm adalah komponen penting berupa tabung besi dan memiliki karet di bagian dalamnya. Komponen ini berfungsi sebagai peredam getaran akibat pergerakan kendaraan dan juga sebagai komponen penting penyeimbang suspensi kendaraan.

Tanda-Tanda Bushing Lower Arm Mobil Rusak

1. Muncul Suara Aneh atau Mengganggu

Salah satu tanda bushing lower arm rusak yang paling gampang kamu kenali adalah saat mendengar bunyi aneh dari bawah mobil. Kami sarankan agar kamu langsung membawa mobil ke bengkel agar diperiksa. Langkah pengecekan ini penting sekali karena jika dibiarkan saja, maka akan mempengaruhi stabilitas pada saat kamu menyetir. Apalagi, bunyi tersebut bisa jadi makin parah kalau mobil terus melewati jalan berlubang atau rusak.

Baca juga ini:  Atasi Lower Arm mobil Nissan Livina yang Bermasalah dengan Ini

2. Mobil Terasa Tidak Stabil 

Kedua, kalau kamu merasa mobil jadi tidak stabil saat sedang menyetir, itu juga bisa jadi tanda-tanda kerusakan bushing lower arm yang patut kamu perhatikan. Terlebih lagi bila kamu bawa mobil dengan kecepatan tinggi lalu melewati jalan yang tak rata.

Pada keadaan ini, mobil seolah tidak dapat dikendalikan dengan baik dan terasa bergerak berubah arah dengan sendirinya. Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan pengecekan secara menyeluruh. Kendaraan yang terasa berubah arah seperti ini sangatlah berbahaya. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengemudi lain yang ada di sekitarmu.

3. Terdengar Bunyi Decitan dari Bawah Jok Depan

Terakhir, apabila kamu mendengar suara decit yang berasal dari bawah jok depan, ini termasuk tanda bahwa bushing lower arm mungkin rusak dan perlu diwaspadai. Kalau kamu membiarkan masalah ini terlalu lama, tentu saja kenyamanan saat berkendara akan terganggu.

Bunyi ini bisa muncul karena bagian karetnya retak, salah satunya disebabkan oleh beban berat yang ditanggung mobil. Terlebih lagi bila kamu sering melewati jalan yang rusak, bergelombang, atau berlubang. Kondisi inilah yang membuat komponen ini menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

4. Ban Aus Tidak Merata

Pengecekan ban adalah langkah penting yang harus kamu lakukan secara teratur. Setelah melakukan pemeriksaan, jika kamu menemukan kalau tapak ban tidak merata, ini bisa menjadi tanda adanya masalah dengan keselarasan roda. Nah, yang perlu kamu ketahui, keselarasan roda bisa dipengaruhi oleh keausan bushing sebab komponen ini menjaga rangka kendaraan dan lengan kendali tetap pada posisi yang benar.

5. Terasa Getaran Pada Saat Menyetir

Tanda yang selanjutnya adalah kamu merasakan getaran pada roda kemudi. Biasanya, hal ini terjadi saat kamu sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Getaran ini bisa muncul karena roda kemudi goyah akibat adanya ketidakstabilan dalam sistem kendaraan.

Baca juga ini:  Knuckle Arm Mobil: Pengertian, Fungsi dan Cara kerjanya

6. Rem Terasa Bergetar atau Tidak Stabil

Hal ini mungkin tidak langsung terkait dengan sistem pengereman mobil, tetapi ketidakstabilan pada komponen suspensi, kemudi, dan bushing lower arm, dapat berdampak pada kemampuan pengereman kendaraan sehingga terasa bergetar.

Bagaimana Jika Anda Mengalami Gejala tersebut?

1. Melakukan Pengecekan di Bengkel Resmi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah segera mengecek kondisi mobil di bengkel resmi atau bengkel kaki kaki. Nantinya teknisi yang berpengalaman akan mencari tahu apa penyebab mobil bermasalah. 

2. Melakukan Penggantian Bush Arm 

Kemudian, apabila benar hasil pengecekan bahwa terjadi kerusakan pada komponen bushing pada arm, maka perlu dilakukan penggantian. 

Ganti Bush Arm Anda dengan Protoflex dengan Garansi Seumur Hidup

1. Terbuat dari Bahan Polyurethane yang Meningkatkan Performa dan Tahan Lama 

Umumnya bushing yang digunakan oleh pabrikan mobil terbuat dari bahan rubber atau karet. Namun bahan karet ini mudah kehilangan elastisitas dan seiring berjalannya waktu, terus mengalami degradasi ketika terkena udara, panas, tekanan dan kimia. 

Bushing polyurethane dari Protoflex merupakan produk aftermarket sebagai solusi upgrade dari bushing original berbahan karet (rubber) dan memiliki keunggulan secara performa dan durabilitas dibandingkan karet bushing original, memberikan pengalaman berkendara yang semakin premium, suspensi semakin stabil, handling yang semakin akurat dan responsif dan tetap nyaman untuk penggunaan berkendara sehari hari.

2. Suspensi Lebih Stabil dan Performa Handling Meningkat

Dengan menggunakan bahan polyurethane yang rigid, geometri komponen suspensi dapat terjaga dengan sangat baik, sehingga kendaraan menjadi lebih stabil dan performa handling lebih akurat dan responsif.

3. Berkendara Semakin Nyaman dan Aman 

Protoflex bush arm diformulasi khusus untuk memberikan kenyamanan dalam pemakaian setiap hari. Menghindari terjadinya resiko understeer atau oversteer saat manuver sehingga berkendara lebih aman. Bahkan fungsi pengeremannya juga lebih stabil dan baik.

Baca juga ini:  Stabilizer di Kaki-Kaki Mobil / Karet Stabil: Meningkatkan Performa Berkendara dan Kenyamanan Anda

4. Ban Semakin Awet

Geometri komponen suspensi yang terjaga dengan baik menghindari terjadinya ban yang aus tidak merata. Oleh karena itu, ban pun akan semakin awet. 

5. Garansi Seumur Hidup

Terakhir dan yang tak kalah penting, semua produk Protoflex memberikan garansi seumur hidup untuk para customer. 

Beberapa produk bush arm Protofex ialah Protoflex Bushing Lower Arm depan (bawah) untuk mobil NISSAN LIVINA 07-19 TIIDA, VIOS 07-13 YARIS 05-13, WULING CORTEZ ALMAZ dan masih banyak jenis mobil lainnya. Kamu bisa mengunjungi website Protoflex jika ingin tahu informasi lebih lanjut.

BACA JUGA: KAPAN GANTI SHOCKBREAKER MOBIL? KENALI 5 TANDA-TANDANYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.