West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Fungsi Lower Arm dan Tanda-Tanda Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil

lower arm

Fungsi Lower Arm dan Tanda-Tanda Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil

lower arm

Lower arm atau yang dikenal sebagai lengan ayun bawah adalah salah satu bagian penting yang ada pada sistem suspensi mobil. Dikatakan penting karena sangat berpengaruh terhadap stabilitas suspensi kendaraan khususnya saat dikemudikan. Tanpa komponen ini kendaraan tidak akan terasa nyaman saat dikemudikan, sekalipun sudah dilengkapi dengan shock absorber.

BACA JUGA: PROTOFLEX VS KARET BUSHING OEM

Letak komponen ini pada sebuah kendaraan sangatlah beragam, tergantung dari jenis dan tipe mobilnya. Selain itu, komponen ini juga memiliki model yang cukup bervariasi. Pada suspensi double wishbone, model lengan ayun bawahnya nya memiliki bentuk seperti huruf A. Pada suspensi MacPherson, model lengan ayun bawahnya nya berbentuk hampir menyerupai huruf L dan pada beberapa suspensi lainnya, model lengan ayun bawahnya ada yang mirip dengan bentuk huruf I.

Meskipun ada berbagai macam model pada sistem suspensi kendaraan, semuanya memiliki fungsi yang sama. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Fungsi Lower Arm

1. Sebagai penopang knuckle

Perlu diketahui bahwa fungsi utama komponen ini adalah sebagai tempat untuk menopang knuckle. Knuckle merupakan komponen yang berada di area bagian bawah sebagai area pemasangan roda beserta rem dan hub. Melalui ball joint yang terhubung dengan area bawah knuckle, lengan ayun bawah ini akan menopang knuckle, roda, dan komponen rem agar dapat bebas bergerak.

2. Sebagai pengontrol gerakan roda

Saat kendaraan dikemudikan, secara otomatis roda akan bergerak sesuai dengan kemudi dan kondisi jalan. Dengan adanya lengan ayun bawah, gerakan roda tersebut akan dikontrol dan dibatasi agar tidak terasa berlebihan. Selain itu komponen ini juga memberikan efek peredam terhadap guncangan selama dikemudikan karena terhubung dengan shock absorber.

Baca juga ini:  Protoflex VS Karet Bushing OEM

3. Memastikan kendaraan berbelok dengan baik

Lower arm juga berfungsi untuk memastikan roda kendaraan dapat berbelok dengan baik. Artinya gerakan roda dapat beriringan dengan berbagai sudut kemudi yang sesuai antara roda kanan dan kiri. Bagian paling luarnya yang berdekatan dengan roda dan menopang knuckle dihubungkan dengan ball joint agar roda kendaraan dapat berbelok leluasa mengikuti kemudinya.

BACA JUGA: STABILIZER AND BUSH ARM UNTUK WULING CORTEZ / ALMAZ

Fungsinya yang sangat penting dalam menjaga suspensi kendaraan membuatnya sangat mudah diidentifikasi apabila terjadi kerusakan. Berikut tanda – tanda kerusakan lower arm yang sering terjadi pada mobil.

1. Roda mobil tidak terkontrol

Jelas bahwa fungsi penting dari lower arm adalah menjaga roda mobil agar dapat bergerak dan berbelok beriringan sesuai dengan kemudi. Apabila roda mobil tidak dapat dikontrol, maka terdapat tanda – tanda kerusakan pada komponen tersebut.

Biasanya yang sering terjadi adalah setir mobil akan terasa berat dan tidak bisa digunakan untuk membelokkan roda. Contohnya, saat kemudi dibelokkan ke kanan, setir mobil secara tiba – tiba akan terasa tertarik ke arah kiri dengan sendirinya, begitu juga sebaliknya.

2. Rem menyentak dan bunyi kasar

Tanda kerusakan berikutnya adalah rem terasa menyentak saat diinjak. Selain itu terkadang mengeluarkan bunyi kasar saat mobil berjalan di permukaan jalan yang tidak rata. Jika tidak segera dibawa ke tempat servis dan diganti, hal itu tentu akan sangat mengganggu kenyamanan pengemudi.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, pengemudi dan pemilik mobil dapat membelinya di protoflex.id. Protoflex.id merupakan aftermarket di Indonesia yang menyediakan lower arm dari berbagai tipe dan jenis mobil. Selain produknya yang diciptakan dengan performa tinggi, Protoflex Aftermarket juga memberikan garansi untuk para pelanggannya. Dengan begitu mobil akan kembali ke performa terbaiknya.

Baca juga ini:  Cara Cek Kaki Kaki Mobil Bermasalah Almaz dan Cortez

Kesimpulan

Lower arm bawah merupakan komponen krusial dalam sistem suspensi mobil, memainkan peran vital dalam meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara. Fungsi utamanya sebagai penopang knuckle, pengontrol gerakan roda, dan memastikan kemampuan belok roda, menjadikannya unsur yang tak tergantikan dalam menjaga performa suspensi kendaraan. Dengan beragam model dan letaknya yang bervariasi, lower arm tetap memiliki tujuan seragam. Kerusakan pada lower arm dapat diidentifikasi melalui gejala seperti roda yang tidak terkontrol, setir berat, rem menyentak, dan bunyi kasar. Solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut dapat ditemukan melalui perusahaan aftermarket seperti Protoflex.id, yang menyediakan lower arm berkualitas tinggi dan memberikan garansi kepada pelanggannya, sehingga mobil dapat kembali berperforma optimal.

BACA JUGA: REVIEW KARET STABILIZER PROTOFLEX UNTUK WULING ALMAZ CORTEZ, EFEKTIF ATASI LIMBUNG?

Rekomendasi Produk:

  • Protoflex Bush Arm Depan (Atas) Isuzu Dmax 2.5 MUX 13-19

    Rp1.000.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Avanza Daihatsu Xenia 03-11

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Raize Daihatsu Rocky 21-ON

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Rush Daihatsu Terios 06-17

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Kecil) Avanza Xenia 03-11 Rush Terios 06-17

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Besar Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Kecil Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) All New Yaris 14-ON Vios Gen 3

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) Livina Evalia Xtrail T32

    Rp800.000

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.