West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Apa Itu Upper Control Arm? Fungsi dan Cara Kerjanya

upper arm mobil

Apa Itu Upper Control Arm? Fungsi dan Cara Kerjanya

upper arm mobil

Control arm merupakan elemen suspensi yang memiliki satu sambungan di satu ujung dan dua sambungan di ujung lainnya, biasanya berada di sisi sasis. Umumnya Control arm dikenal sebagai wishbone atau A-arm. Sistem suspensi pada mobil sangat diperlukan, agar pengendara bisa mengemudi dengan nyaman.

Control arm juga merupakan sistem suspensi yang terdiri dari beberapa komponen penting. Komponen tersebut terletak di bagian bawah sistem suspensi dan langsung terhubung dengan body mobil. control arm yang berbentuk huruf A biasanya digunakan pada sistem double wishbone. Sementara itu, control arm yang berbentuk huruf L digunakan pada sistem macpherson.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Fungsi control arm

1. Menopang knuckle

Fungsi control arm selanjutnya adalah menjadi penopang knuckle. Letak knuckle di roda mobil yang berdampingan dengan hub dan rem. Gerakan knuckle dan rem bisa bebas karena ada control arm tersebut.

2. Mengatur pergerakan roda

Control arm berfungsi untuk mengatur pergerakan roda. Ketika kemudi dibelokkan, roda akan berbelok secara beriringan. Lower arm berada di ujung luar, sementara knuckle terhubung pada ball joint.

3. Mengontrol gerakan roda

Yang terakhir, control arm berfungsi untuk mengontrol gerakan roda mobil. Ketika pengemudi berkendara di jalanan, roda akan mengikutinya sesuai kondisi jalan seperti maju, mundur, ke atas, dan ke bawah. Selain itu, control arm juga terhubung dengan shock absorber.

Sehingga, ketika terjadi guncangan dapat langsung diredam. Dengan demikian, sudut kemiringan roda bisa terjaga dan pengemudi mobil pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Cara Kerja Sistem Suspensi

Cara kerja sistem ini yaitu sebagai komponen penghubung roda dan body kendaraan. Komponen ini memiliki kekuatan elastis yang membuat body mobil tidak terpengaruh pada gerakan yang dihasilkan tiba-tiba oleh roda.

Baca juga ini:  7 Penyebab Mobil Limbung Yang Harus Anda Ketahui Beserta Cara Mengatasinya

Jenis Suspensi Pada Mobil

Pada umumnya, terdapat tiga jenis suspensi yang yang perlu diketahui pada mobil, yang diantaranya adalah seperti berikut;

  • Suspensi roda independen (secara bebas), yang mana pada bagian roda kiri dan kanan tidak mengemudi dalam garis yang kaku.
  • Suspensi dependent (Rigit) yang mana roda kiri dan kanan tetap berada pada poros yang kaku.
  • Suspensi semi-independen, yakni suatu kombinasi poros kaku dan suspensi independen.

1. Suspensi Macpherson

Suspensi Macpherson ialah merupakan salah satu jenis suspensi bagian depan yang paling umum digunakan saat ini pada kendaraan ringan (MPV, hatchback, sedan, mini SUV). 

2. Suspensi Double Wishbone

Untuk Tipe double wishbone yang satu ini juga masih termasuk dalam rakitan suspensi independen untuk suspensi depan. Dari segi bentuk, ini menyerupai suspensi Macpherson, tetapi pada wishbone ini tampaknya lebih berotot dan rumit.

Ini karena ada dua lengan suspensi di lengan wishbone ini, yaitu lower arm (bawah) dan upper arm (atas). Efek dari dua lengan silang mempengaruhi gerakan vertikal yang seimbang dari roda.

3. Suspensi Rigid

Kemudian Suspensi kaku (rigid) ialah merupakan unit suspensi yang termasuk dependent, hal ini disebabkan antara roda kiri dan kanan masih dalam satu blok yang kaku. Tipe ini terdapat pada suspensi depan dan belakang.

4. Suspensi multi-link

Sesuai dengan sebutannya, yang mana untuk jenis yang satu ini mempunyai sejumlah tautan atau link/penghubung. Tautan ini bertindak sebagai lengan suspensi, tetapi jumlahnya bisa lebih dari tiga.

5. Suspensi torsion beam

Jenis ini kerap dikenal dengan sebutan sebagai suspensi semi-independen karena pada dasarnya tipe ini adalah suspensi rigid, tetapi telah di inovasi dengan bentuk yang berbeda untuk mencapai efek suspensi yang lebih baik.

Baca juga ini:  Bunyi Jeduk Mobil Di Bagian Suspensi, Periksa 5 Komponen Ini!

Gunakan Bushing Upper Control Arm dari Protoflex untuk Meningkatkan Peforma Suspensi Mobil Anda

Protoflex menyediakan Bushing Upper Control Arm yang terbuat dari polyurethane, sebuah bahan yang terkenal karena ketahanan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan karet konvensional yang sering digunakan dalam suspensi mobil. Dengan menggunakan karet dengan Protoflex yang berbahan polyurethane, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda akan memiliki suspensi yang lebih kuat dan tahan lama.

Tidak hanya itu, produk Protoflex yang menggunakan polyurethane juga disertai dengan garansi seumur hidup, memberikan jaminan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan suspensi di masa depan. Dengan memilih untuk meng-upgrade suspensi karet mobil Anda ke Protoflex berbahan polyurethane, Anda memberikan perlindungan dan perawatan terbaik bagi kendaraan Anda. Hal ini akan memungkinkan mobil Anda tetap berperforma optimal sambil menjaga kenyamanan dan keamanan selama penggunaan kendaraan Anda.

Jika Anda sedang mencari upper control arm berkualitas dan terjangkau dengan pelayanan memuaskan, kunjungi website  https://protoflex.id.

Rekomendasi Produk:

  • Protoflex Bush Arm Depan (Atas) Isuzu Dmax 2.5 MUX 13-19

    Rp1.000.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Avanza Daihatsu Xenia 03-11

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Raize Daihatsu Rocky 21-ON

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Besar) Toyota Rush Daihatsu Terios 06-17

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan (Kecil) Avanza Xenia 03-11 Rush Terios 06-17

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Besar Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Arm Depan Kecil Avanza Xenia 12-21 All New Terios Rush

    Rp400.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) All New Yaris 14-ON Vios Gen 3

    Rp800.000
  • Protoflex Bush Low Arm Depan (Besar) Livina Evalia Xtrail T32

    Rp800.000

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.