West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

5 Faktor Mengapa Mobil Limbung, Mengganggu Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

5 Faktor Mengapa Mobil Limbung, Mengganggu Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Thumbnail

Mobil limbung atau sering juga disebut body roll itu diakibatkan karena adanya gaya sentrifugal. Adanya gaya ini mampu memberikan suatu dorongan yang nantinya akan mengarah ke luar tikungan. Jika hal ini terjadi bisa saja mobil yang dikendarai akan membelok ke arah tertentu dengan kecepatan tinggi. Tentu proses seperti ini cukup membahayakan pengemudi dan penumpang di belakangnya. Selain karena faktor tersebut juga ada penyebab lain hingga akhirnya mobil menjadi limbung. Lantas apa saja penyebab dari mobil yang limbung tersebut? Yuk simak ulasan berikut.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Faktor Penyebab Mobil Limbung Saat Dikendarai

Ada beberapa penyebab yang membuat mobil menjadi limbung ketika dikendarai, berikut diantaranya:

Shock Absorber Lemah

Mobil akan menjadi limbung ketika shock absobernya sudah mulai melemah. Ini terjadi karena komponen tersebut berfungsi sebagai peredam gerak dan membuat nyaman pengendara di jalanan rusak. 

Selain itu, ketika komponen ini rusak maka akan ada guncangan yang cukup parah saat melewati jalanan yang tidak rata. Jika hal ini terus dibiarkan maka keselamatan pengemudi dan pengendara bisa terancam. Ketika sudah parah umumnya mobil akan terasa seperti terguling saat di tikungan dengan kecepatan tinggi. 

Karet Bushing Suspensi 

Mobil limbung juga bisa terjadi ketika karet bushing suspensinya mengalami masalah. Berbagai masalah yang kerap timbul seperti sudah mulai aus atau terlalu longgar. 

Untuk jenis dari karet ini cukup banyak mulai dari upper arm, lower arm, stabilizer dan yang lainnya. Jika masalahnya aus maka akan membuat perubahan di sudut kemudi yang tidak teratur. Saat hal ini dibiarkan begitu saja maka bisa membuat mobil yang kamu miliki menjadi limbung. 

Baca juga ini:  Menjaga Shockbreaker Tetap Awet dengan Bump Stop

Ball Joints Aus

Pemicu lain dari mobil limbung atau body roll ini karena ball joints yang sudah mulai aus. Jika hal ini terjadi, maka kualitas suspensi pada mobil akan menurun secara drastis. Faktor dari semua itu karena adanya perubahan di sudut kemudi yang mulai memburuk. 

Bagi yang sudah sering mengemudikan mobil maka aus sedikit saja di komponen ini akan terasa khususnya ketika di di tikungan. Selain itu faktor dari ausnya komponen ini menimbulkan bunyi seperti besi yang dipukul atau suara aneh lainnya. 

Komponen Suspensi Mengalami Deformasi

Selain beberapa faktor di atas, mobil limbung bisa juga karena suspensi yang mengalami deformasi atau perubahan bentuk. Jika ini terjadi maka mobil yang dikendarai akan sulit untuk dikendalikan. Hal ini bisa terlihat ketika pengemudi sedang menikung dengan kecepatan tinggi. Akibat lain yang ditimbulkan bisa juga dari sisi kenyamanan yang tidak stabil khususnya ketika sedang mengendarai mobil. 

Tekanan Angin di Ban Berkurang

Hal yang sering terjadi dan membuat mobil jadi limbung karena tekanan angin yang ada pada ban berkurang. Ketika angin sudah berkurang akan membuat hal yang berbeda khususnya ketika melewati jalanan yang berkelok dan rusak. Dengan ban yang anginnya sudah berkurang bisa membuat daya cengkraman dari ban ke permukaan jalan tidak maksimal. Semakin berkurang angin, maka akan membuat mobil mengalami body roll. Untuk itu Anda perlu mengecek angin pada mobil sebelum mengendarainya. 

Jadi itulah berbagai penyebab mobil limbung mulai dari shock absorber, karet bushing dan yang lainnya. Jika komponen mobil seperti bushing arm dan stabilizer mobil Anda mengalami kerusakan dan Anda perlu menggantinya, maka Anda bisa order di protoflex.id. Situs ini menyediakan bushing arm dan stabilizer mobil dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. 

Baca juga ini:  Review Instalasi Bushing Lower Arm Protoflex untuk Xpander Semakin Nyaman dan Tidak Limbung

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.