West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

7 Penyebab Mobil Limbung Yang Harus Anda Ketahui Beserta Cara Mengatasinya

Blog thumbnail

7 Penyebab Mobil Limbung Yang Harus Anda Ketahui Beserta Cara Mengatasinya

Blog thumbnail

Mobil Limbung atau Body Roll merupakan keadaan dimana laju mobil tersebut keluar jalur atau tidak stabil pada saat melaju. Pada umumnya, penyebab kondisi tersebut berasal dari proses modifikasi yang salah atau perlakuan yang berlebihan. Sehingga, Anda mulai tidak nyaman ketika mengendarainya pada medan lurus, belokan atau bebatuan. Sobat Protoflex tidak perlu khawatir pada saat mengalami Mobil Limbung. Karena ulasan di bawah ini akan menginformasikan tentang penyebab Body Roll beserta cara mengatasinya dengan mudah.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Ini Dia Penyebab Utama Mobil Limbung

Secara mendasar, Mobil Limbung berawal dari masalah suspensi yang kurang stabil. Akibatnya laju mobil Anda tidak seimbang. Dan berikut beberapa penyebab utamanya, yaitu;

1. Laju Kendaraan Terlalu Cepat

Pada saat terburu – buru, Anda mungkin akan menaikkan laju kendaraan dengan tujuan agar cepat sampai di tujuan. Tanpa disadari, kecepatan yang terlalu tinggi akan merubah gaya sentrifugal pada mobil. Sehingga, suspensi kendaraan tersebut tidak awet atau mudah rusak. Disarankan agar Anda mengetahui kapan waktu berjalan dengan kecepatan tinggi untuk melindungi komponen kendaraan.

2. Ball Joint Terlihat Aus

Perlu dipahami lagi bahwa Ball Joint yang terlihat aus menjadi penyebab utama terjadinya mobil tidak stabil di jalan. Sehingga, komponen tersebut dapat merubah setiap sudut kemudi, suspensi hingga permukaan ban. Apabila Ball Joint longgar, maka akan terdengar bunyi aneh pada bagian besi mobil.

3. Karet Bushing Tidak Layak Pakai

Jangan pernah melihat kondisi mobil dari luarnya saja. Karena hal itu tidak menjamin kenyamanan pada saat berkendara. Dari beberapa kasus, laju mobil mulai tidak nyaman disebabkan karena karet bushing sudah tidak layak pakai alias rusak parah. Anda bisa mengecek karet bushing seperti stabilizer bar, upper arm, lower arm dan sejenisnya untuk mencegah terjadinya Body Roll atau mobil limbung pada mobil.

Baca juga ini:  Mengenal Komponen Kaki Kaki Mobil dan Tips Perawatannya

4. Tingginya Body Mobil

Tingginya body mobil juga memicu terjadinya limbung pada saat melaju pada trek lurus atau belokan. Seperti halnya mobil Minivan, SUV atau MPV. Kendaraan tersebut akan memicu suspensi untuk bergerak secara maksimal dalam keadaan penuh. Anda wajib berhati – hati pada saat berbelok, karena gaya dorongan tersebut mulai tidak seimbang saat melintasi jalan miring atau sedang dalam kemacetan.

5. Terjadi Deformasi Pada Per

Penyebab yang lainnya yakni terjadinya perubahan bentuk atau deformasi pada per. Hal ini mengakibatkan mobil yang Anda kendarai tidak stabil bahkan sulit dikendalikan. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada saat berada di tikungan tajam. Akibatnya kinerja per pada mobil tersebut tidak bekerja maksimal.

6. Tekanan Angin Ban Tidak Stabil

Selain itu, tekanan angin ban yang tidak stabil akan membuat mobil Anda limbung. Makanya, Anda wajib melakukan pengisian angin secara teratur menggunakan angin nitrogen untuk menambah daya cengkeram yang kuat terhadap ban. Sehingga, kendaraan Anda tampak nyaman saat digunakan.

7. Melemahnya Shock Absorber

Dan penyebab yang terakhir yakni melemahnya pada Shock Absorber. Kondisi ini merupakan pemicu kasus limbung pada mobil. Karena efek guncangan yang tidak menentu akan menghasilkan tekanan yang kuat pada suspensi dan berpotensi merusak komponen mobil.

Cara Mengatasi Mobil Limbung

Adapun beberapa cara mudah mengatasi terjadinya limbung pada mobil, yaitu;

1. Mengganti Karet Bushing dan Komponen Lain Yang Sudah Tidak Layak Pakai

Jika mobil Anda limbung, maka sebaiknya mengganti suspensi karet bushing dan komponen lainnya yang sudah tidak layak pakai.

2. Melakukan Balancing

Balancing adalah upaya untuk menjaga stabilitas kendaraan agar tetap nyaman saat berkendara di medan lurus, belokan atau bebatuan.

Baca juga ini:  Cuman 200 Ribu Atasi Masalah Kaki-Kaki Toyota Vios / Yaris Bakpao dengan Ganti Karet Stabil: Murah banget!

3. Mengecek Ban

Selalu periksa tekanan angin ban untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

4. Merotasi Ban 

Dan lakukan rotasi ban agar mobil Anda tetap seimbang. Jika perlu Anda bisa mengganti ban baru di semua sisi.

Itulah penyebab utama Mobil Limbung dan cara mengatasinya. Untuk mendapatkan komponen mobil seperti karet bushing dan bushing arm terbaik dan berkualitas tinggi, silahkan hubungi https://protoflex.id/oldsite.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.