West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Hati-Hati Dengan Mobil Ceper! Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Blog thumbnail

Hati-Hati Dengan Mobil Ceper! Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Blog thumbnail

Mobil Ceper memberikan penampilan yang gagah dan sporty pada mobil Anda. Kini ada banyak modifikasi telah tersedia seperti pemasangan lowering kit, coilover atau bahkan dengan memotong ulir per standar bawaan untuk membuat mobil sesuai keinginan Anda. 

Di balik semua kelebihan dalam segi penampilan itu, berkendara menggunakan Mobil Ceper harus ekstra hati-hati. Modifikasi mobil ini menjadi ceper akan memberikan pengaruh positif dan negatif. Sudah selayaknya Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan sebelum memodifikasinya. Ulasan ini akan mengupas tuntas informasi tersebut.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Kelebihan Mobil Ceper

1. Penampilan Agresif dan Sporty

Penampilan yang lebih agresif dan sporty merupakan daya tarik utama dan alasan utama kebanyakan orang memodifikasi mobilnya menjadi ceper. Suspensi rendah dan bodi mobil yang hampir menyentuh tanah memberikan kesan sporty, kesan racing dan kesan mesin yang bertenaga.

2. Stabilitas yang lebih Baik

Modifikasi mobil menjadi ceper membuat suspensi dan pusat gravitasi yang lebih rendah, sehingga mobil akan memiliki stabilitas yang lebih baik saat melakukan manuver saat tikungan atau kecepatan tinggi. Ground clearance yang rendah juga membuat Mobil ceper semakin aerodinamis.

3. Pengendalian dan Handling yang lebih baik

Ground clearance yang rendah dan mobil yang semakin stabil akan membuat handling atau kendali yang lebih responsif dan lebih presisi.

Kekurangan Mobil Ceper

Sementara beberapa kekurangan Mobil Ceper, yaitu:

1. Keterbatasan Melewati Rintangan Jalan

Ground clearance rendah pada mobil ceper menyebabkan mobil akan kesulitan untuk melewati rintangan pada jalan seperti polisi tidur, jalan bergelombang atau jalan berlubang. Jika tidak ekstra hati-hati dalam berkendara, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bumper, bodi mobil bahkan knalpot.

Baca juga ini:  Fungsi Link Stabilizer Avanza

2. Kenyamanan Berkendara Berkurang

Mobil ceper akan lebih sensitif pada kondisi permukaan jalan, sehingga guncangan dalam kabin akan lebih terasa.

3. Resiko Kerusakan Pada Bagian Bawah Mobil

Dengan ground clearance yang rendah, bagian bawah mobil seperti knalpot, bodi samping atau spoiler dan bushing arm dapat menjadi rentan terhadap kerusakan. Kemungkinan kerusakan ini meningkat pada saat melintasi jalan yang tidak rata atau ketika memarkir mobil di tempat yang curam.

4. Ketidaknyamanan Saat Parkir

Anda mungkin mengalami kesulitan pada saat memarkir mobil di tempat yang sempit atau saat masuk atau keluar dari area yang rendah seperti garasi bawah tanah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan ground clearance dan ukuran mobil yang lebih rendah.

5. Memperpendek usia suspensi

Dan kekurangan yang lainnya adalah usia part suspensi yang semakin pendek. Komponen suspensi pada kaki-kaki akan bekerja ekstra. Beban kerja komponen kaki-kaki seperti shock breaker dan karet bushing akan bekerja lebih keras sehingga usia komponen ini akan jauh lebih pendek dan lebih sering untuk diganti.

Solusi karet suspensi untuk mobil ceper dari Protoflex

Sudah jadi rahasia umum bahwa suspensi pada mobil ceper bekerja dengan beban yang tinggi dan menjadi lebih cepat rusak. Sebagai solusi, Anda dapat melakukan upgrade karet suspensi (bushing) mobil Anda dengan Protoflex. Bushing dibuat dengan bahan Polyurethane yang merupakan upgrade dari bahan karet (rubber) dimana bahan ini umum digunakan untuk performance racing/balap.

Protoflex dapat menahan beban dan tekanan pada bagian kaki-kaki dengan sangat baik. Cek protoflex.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.