West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Limbung

Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Limbung

Tahukah kamu bahwa penyebab mobil terasa limbung bisa datang dari faktor bawaan pabrik? Bahkan, boleh jadi juga karena kita melakukan kesalahan saat modifikasi mobil. 

Istilah limbung sendiri mengacu pada kondisi saat mobil akan ke arah kanan, tapi malah berbelok tajam ke kiri. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara bukan? Maka dari itu, yuk cari tahu apa saja penyebab yang membuat mobil mengalami body roll.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Saja Penyebab Mobil Bisa Limbung?

1. Ban Mobil yang Kurang Tekanan Angin 

Tahukah kamu bahwa saat ban mobil kurang angin, maka cengkramannya terhadap jalan akan menjadi tidak optimal. Kondisi seperti ini dapat membuat mobil terasa limbung ketika sedang melakukan manuver. Oleh karena itu, usahakan agar kamu tidak pernah lupa untuk memeriksa tekanan angin ban sebelum pergi, ya.

2. Shockbreaker Mulai Lemah

Kedua, shockbreaker yang melemah dan kehilangan kemampuan meredam guncangan juga bisa menjadi pemicu mobil limbung. Tentu saja hal ini sangat berbahaya sebab mobil dapat mengalami guncangan berlebihan. Sehingga saat kamu lewat tikungan dengan kecepatan tinggi, mobil terasa seolah-olah akan terguling.

3. Body Mobil Terlalu Tinggi

Penyebab yang berikutnya boleh jadi karena bodi mobil terlalu tinggi. Hal ini bisa membuat kendaraan terasa tidak stabil saat berbelok. Ketika sedang bermanuver, maka mobil berbodi tinggi baik dalam keadaan kosong atau penuh akan mendapat gaya dorong yang ekstra. Sehingga mengakibatkan mobil terasa sedikit limbung.

4. Karet Bushing Suspensinya Aus dan Mulai Longgar

Selanjutnya, kami sarankan agar kamu tidak menganggap remeh kondisi karet bushing suspensi yang aus dan longgar. Pasalnya, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mobil terasa tidak stabil saat kamu mengendarainya.

Baca juga ini:  Kapan Ganti Shockbreaker Mobil? Kenali 5 Tanda-Tandanya

Saat karet suspensi mobil mulai mengalami keausan dan kelonggaran, kamu akan merasakan sudut kemudi berubah dan bergeser. Inilah yang akhirnya menjadi penyebab mengapa mobil cenderung terasa tidak stabil saat sedang bermanuver.

Bagaimana Cara Mengatasi Mobil yang Limbung?

1. Ganti Suspensi Mobil dengan yang Baru

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengganti suspensi mobil yang mulai melemah. Pastikan agar kamu memilih suspensi yang sesuai dengan tipe mobil ya. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan mobil secara berkala ke bengkel terdekat.

2. Mengurangi Kecepatan Mobil

Kedua, berkendara dengan kecepatan tinggi bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mobil terasa tidak stabil. Kecepatan tinggi dapat menciptakan gaya sentrifugal yang mengakibatkan bagian luar mobil terangkat, sehingga mobil cenderung limbung.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mengurangi kecepatan ketika ingin bermanuver di tikungan tajam. Terutama jika kamu mengemudikan mobil dengan bodi yang tinggi dan besar. Jenis mobil ini punya potensi lebih besar untuk mengalami oleng atau limbung.

3. Rutin Cek Kondisi Ban 

Selain itu, sebaiknya kamu juga rutin memeriksa ketebalan ban, tekanan angin serta sambungan antar ban agar mobil selalu berada dalam kondisi optimal. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau ban telah dipasang sesuai arah putarnya ya.

4. Melakukan rotasi ban

Tips yang terakhir, kamu perlu melakukan rotasi ban secara berkala untuk menjaga tingkat keausan ban. Cara melakukannya sederhana, cukup pindahkan posisi ban dari sisi kiri ke kanan dan sisi belakang ke depan. Idealnya, kamu bisa melakukan ini usai mobil menempuh jarak 5.000 km. Hal ini penting karena rotasi ban yang teratur akan berdampak positif pada umur pakai ban.

Baca juga ini:  Menjaga Shockbreaker Tetap Awet dengan Bump Stop

Selain itu, seperti yang sudah kita singgung di atas, salah satu penyebab mobil limbung berhubungan erat dengan karet stabilizernya. Ketika kamu mengemudi, karet stabilizer adalah salah satu komponen yang bekerja keras untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil.

Namun, seiring berjalannya waktu, karet stabilizer ini bisa mengalami keausan dan kinerjanya mulai berkurang. Akibatnya, bisa saja mobil limbung saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang. Oleh karena itu, kamu perlu mengupgrade komponen ini pakai produk dari Protoflex Bushing Karet Stabil untuk mobil FORD EVEREST RANGER, HONDA CRV 06-12, MAZDA CX5 12-17, LAND CRUISER VX 100, dan masih banyak jenis mobil lainnya. Kamu bisa mengunjungi website Protoflex jika ingin tahu lebih lanjut.

Protoflex Karet Stabilizer sendiri terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk memberikan stabilitas ekstra pada mobilmu. Bila kamu memasangnya, kamu akan merasakan perbedaan signifikan saat mengontrol kendaraan. Terutama ketika melewati tikungan atau jalan yang tidak rata. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera upgrade karet stabilizer dengan produk dari Protoflex!

BACA JUGA: ALASAN KARET BUSHING ARM RUSAK DAN CIRI-CIRINYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.