West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Masalah Nissan Livina: Kaki Kaki Mobil bunyi? Ganti Karet Ini cuman Rp 1 Jutaan

Kaki Kaki Mobil bunyi

Masalah Nissan Livina: Kaki Kaki Mobil bunyi? Ganti Karet Ini cuman Rp 1 Jutaan

Kaki Kaki Mobil bunyi

Anda pastinya sudah tahu kan kalau mobil Nissan Livina yang sering Anda pakai memerlukan perawatan khusus? Selain menjaga bagian mesin, Anda juga harus memberi perhatian ekstra pada kaki-kaki mobil loh. Tentu Anda tidak ingin ada kejadian kaki kaki mobil bunyi kan?

Mengapa kaki-kaki mobil perlu mendapat perhatian? Salah satu alasan utamanya adalah karena menerima tekanan paling besar. Apabila mobil tak mendapatkan perawatan yang memadai, maka nantinya bisa menimbulkan banyak masalah. 

Ingin berkonsultasi terkait produk Bump Stop? Hubungi Kami di 0818950595

Nah, sebelum mengetahui apa solusi mengatasi kaki kaki mobil bunyi, yuk simak dulu apa saja komponen yang menjadi penyebabnya di bawah ini.

Apa Penyebab Kaki Kaki Mobil Bunyi Pada Nissan Livina?

1. Shockbreaker

Pertama, Anda pastinya tahu betapa pentingnya komponen shockbreaker dalam sistem kaki-kaki mobil. Fungsinya sangatlah vital, yaitu meredam setiap benturan yang muncul akibat jalan tak rata, lubang-lubang di jalan, dan berbagai situasi jalan yang kurang kondusif.

Anda perlu memahami, saat menggunakan shockbreaker terlalu lama, maka kemampuannya untuk meredam guncangan akan mengalami penurunan. Begitu kemampuan meredam shockbreaker mulai melemah, Anda akan mulai merasakan ketidakstabilan ketika mengendarai mobil.

Anda bisa mendeteksi kerusakan komponen ini dengan mengamati ada atau tidaknya suara bising yang muncul ketika mobil bergerak. Selain itu, Anda juga dapat mengendarai mobil di jalan lurus dengan kecepatan tinggi. Apabila Anda merasa mobil tak stabil, maka inilah saat yang tepat untuk mengganti shockbreaker mobil! 

Nah, bila Anda berencana mengganti karet support shockbreaker, kami sarankan agar ganti sepasang. Sehingga Jika salah satu karet mengalami kerusakan, lebih baik Anda melakukan penggantian pada keduanya.

2. Bushing Arm

Kedua, Anda mungkin tidak menyadari betapa pentingnya bushing arm. Di mana bushing arm berfungsi sebagai titik tumpuan bagi roda. Sekaligus mempunyai peran vital untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi.

Anda bisa mengetahui apakah komponen ini rusak dengan mengamati pergerakan arah mobil yang Anda kendarai. Segeralah lakukan perbaikan bushing arm apabila Anda merasa mobil cenderung bergerak ke kiri atau kanan.

3. Bearing

Komponen penting lainnya adalah bearing. Di mana bagian ini berfungsi sebagai bantalan pada roda dan mempengaruhi putaran roda secara signifikan. Bukan hanya itu, komponen ini pun punya dampak cukup besar terhadap stabilitas pergerakan mobil.

Anda bisa mengenali tanda-tanda kerusakannya dengan mengamati putaran roda. Lakukanlah dongkrak atau pengangkatan ban mobil, kemudian putar manual. Apabila Anda mendengar bunyi bising, hal itu mungkin menunjukkan adanya masalah dengan bearing mobil. Sehingga segeralah atasi kerusakan ini dengan mengganti bearing baru.

4. Ban

Ketika membahas tentang kaki kaki mobil bunyi, maka komponen ban tak bisa kita lewatkan. Usai menempuh perjalanan jauh, salah satu bagian mobil yang merasakan dampak paling kuat adalah ban. 

Hal ini terjadi karena ban ialah komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal dan paling keras bekerja selama di jalanan. Oleh demikian, penting bagi Anda sebagai pemilik mobil Nissan Livina untuk selalu merawat ban dengan baik. Nah, salah satu cara sederhananya adalah dengan rotasi ban.

Selain beberapa komponen di atas, biasanya ada lagi bagian-bagian yang menjadi penyebab kaki kaki mobil Nissan Livina jadi bunyi. Di antaranya adalah part: cross member, bushing stabil, seat spring RR UPR, shock belakang, dan seat spring RR LWR.

Apa Solusi Bila Kaki Kaki Mobil Bunyi pada Nissan Livina?

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, adanya komponen mobil Nissan Livina yang rusak mulai dari shockbreaker, bearing, dan ban— maka bisa berakibat kaki-kaki mobil jadi bunyi. Jika kondisi mobil sudah seperti itu, Anda dapat langsung membawanya ke bengkel spesialis kaki kaki mobil terdekat agar segera mendapat penanganan.

Namun, apabila komponen yang rusak adalah bagian karet suspensinya, maka jangan cemas dulu. Sebab, kami punya solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusi yang dapat Anda coba ialah menggunakan produk Protoflex Front Stability & Handling Pack for Xpander Livina saja. 

Mengapa Anda harus upgrade karet suspensi dengan Protoflex? Sebab, Anda akan mendapatkan banyak manfaat bila memakai produk ini. Di antaranya ialah: 

  1. Handling dan steering mobil Anda akan menjadi lebih responsif.
  2. Dapat mengurangi kemungkinan body roll saat sedang bermanuver di kecepatan yang tinggi.
  3. Bisa meningkatkan performa dari stabilizer bar kendaraan Anda.
  4. Meminimalisir adanya resiko oversteer, serta menaikkan tingkat keamanan ketika berkendara.

Lantas, berapakah biaya yang perlu dikeluarkan? Jangan khawatir bila Anda harus mengeluarkan kocek besar, cukup hanya dengan 1,4 jutaan saja, masalah ini akan segera teratasi. Dengan begitu, maka tidak akan ada lagi kejadian kaki kaki mobil bunyi. Sehingga Anda bisa berkendara lebih nyaman dan pastinya keamanan pun terjamin.

Nah, demikianlah pembahasan tentang apa saja komponen yang menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi serta apa solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya!

BACA JUGA: KARET KAKI KAKI MOBIL HONDA MOBILIO ANDA BARU DIGANTI, NAMUN SUDAH JEBOL DALAM 3 BULAN? SIMAK SOLUSINYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.