West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Mengenal Apa itu Control Arm? Jenis-Jenis dan Fungsinya

control arm

Mengenal Apa itu Control Arm? Jenis-Jenis dan Fungsinya

control arm

Control Arm biasa dikenal dengan sebutan A-arm atau wishbone. Elemen suspense ini memiliki satu sambungan pada ujung lainnya yaitu pada sisi sasis. A-arm berbentuk A digunakan pada double wishbone system, sedangkan yang berbentuk L digunakan pada macpherson system.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Apa Saja Jenis Control Arm?

Control Arm terbagi menjadi dua jenis yaitu upper arm dan lower arm. Berikut perbedaannya :

1. Lower Arm

Lower Arm adalah komponen pada suspensi yang biasa dikenal dengan sebutan lengan ayun bawah. Komponen ini berfungsi untuk menopang knuckle arm di bagian bawah yang terhubung dengan ball joint. Sisi lainnya terhubung pada rangka mobil.

Tidak hanya itu, lower arm juga berfungsi untuk mengontrol gerakan roda mobil yaitu gerakan naik turun dna gerakan maju mundur.

2. Upper Arm

Upper Arm biasanya kita kenal dengan istilah ayun atas yang juga merupakan bagian dari komponen suspensi. Biasanya, komponen ini dipakai pada jenis mobil dengan tipe double wishbone atau multi link.

Upper Arm terhubung langsung dengan rangka mobil yang melewati bushing arm atau shaft yang berpelumas grease. Bushing arm sendiri merupakan salah satu komponen kaki mobil yang memiliki bentuk seperti selongsong besi dengan dilengkapi karet.

Upper Arm juga terhubung dengan knocker arm bagian atas yang berfungsi untuk menahan knocker arm yang ada di bagian atas, komponen rem, roda, serta axle shaft. Upper Arm juga memiliki fungsi sebagai pengatur sudut kemudi atau camber.

Apa Fungsi dari Control Arm?

1. Menopang Knuckle

A-Arm memiliki fungsi untuk menopang knuckle. Knuckle terletak di bagian roda mobil yang berdampingan dengan rem dan hub. Knuckle dan rem ini dapat bergerak dengan bebas karena adanya a-arm.

Fungsi dari knuckle arm sendiri adalah sebagai tempat untuk dudukan roda, bearing roda, dan sebagai perangkat rem atau tromol. Ball joint menghubungkan langsung knuckle arm dengan upper arm dan lower arm.

2. Mengontrol Gerakan pada Roda

Fungsi a-arm selanjutnya adalah untuk mengontrol roda mobil ketika bergerak. Roda pada kendaraan akan bergerak mengikuti sesuai kondisi jalan. Bisa maju, mundur, ke atas, dan ke bawah. A-arm letaknya terletak dengan shock absorber.

Hal ini dikarenakan agar komponen ini dapat langsung meredam ketika terjadi guncangan. Sehingga sudut kemiringan roda dapat terjaga dengan baik dan pengendara dapat mengendarai mobilnya dengan aman dan nyaman.

Baca juga ini:  Review Karet Stabilizer Protoflex untuk Wuling Almaz Cortez, Efektif Atasi Limbung?

3. Mengatur Pergerakan pada Poda

Maksud dari mengatur pergerakan roda ialah ketika kemudi dibelokkan oleh pengendara, secara beriringan roda akan berbelok. Lower arm berada di ujung luar, sedangkan knuckle terhubung pada elemen ball joint.

Secara keseluruhan, fungsi control arm sangat penting bagi kendaraan. Hal ini dikarenakan mobil akan sulit dikontrol jika antara gerakan roda dan putaran kemudi tidak sesuai.

Agar mobil Anda dapat digunakan dengan aman dan nyaman, selalu lakukanlah perawatan pada setiap komponennya. Pilihlah store pembelian yang memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik agar kondisi mobil tetap optimal.

Protoflex menyediakan komponen pada kendaraan Anda seperti control arm dengan Life Time Guarantee. Tidak hanya itu, situs online ini juga mengeluarkan produk otomotif yang dapat digunakan pada kendaraan dengan kualitas prima. 

Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi customer service kami melalui nomor whatsapp yang tertera pada website  www.protoflex.id . Kendaraan aman, pengendara nyaman, hati pun tenang.

Ciri Control Arm yang Jelek dan Cara Atasinya

Control Arm yang jelek kualitasnya dapat menimbulkan sejumlah gejala sekunder, beberapa di antaranya cenderung lebih parah dibandingkan yang lain. Ciri umum terkait dengan control arm yang rusak meliputi kebisingan tidak normal yang terdengar dari bagian depan kendaraan saat melewati medan tidak rata, seperti letupan, bunyi klak, atau bunyi klik logam. Selain itu, keausan ban yang tidak merata atau tidak teratur, terutama pada tepi dalam atau luar tapak ban, juga bisa menjadi indikasi. control arm yang aus dapat membuat kemudi tidak responsif atau tidak stabil, memaksa pengendara untuk sering melakukan koreksi kemudi. Terakhir, getaran berlebihan yang dirasakan oleh penumpang kendaraan, seperti rana terus menerus atau shimmy, juga bisa menunjukkan masalah pada control arm dan bisa memburuk seiring dengan keausan.

Baca juga ini:  Hanya 200 Ribuan atasi Penyebab Mobil Limbung Hilang Kendali! Ini Caranya

Satu-satunya cara ampuh untuk mengatasi control arm yang rusak adalah dengan mengupgrade control arm yang rusak menggunakan produk Protoflex. Produk ini dirancang dan diformulasikan dengan Industrial Grade Polyurethane yang dirancang khusus untuk meningkatkan performa dan ketahanan pada kondisi berkendara di Indonesia. Protoflex unggul dalam hal performa dan kualitas dibandingkan dengan part OEM asli pabrik, dan memiliki ketahanan terhadap suhu ekstrem, air, zat kimia, dan cuaca, sehingga mampu bertahan seumur hidup mobil Anda. Protoflex menawarkan Jaminan Seumur Hidup atau Garansi Selamanya untuk produk Protoflex yang ditandai dengan logo ‘Lifetime Warranty’ pada kemasannya. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan prosedur klaim garansi dapat ditemukan di catatan toko kami, sementara Dealer Resmi Protoflex terdekat di kota Anda dapat membantu Anda dengan layanan yang lebih baik.

BACA JUGA: CARA MUDAH MEMILIH SHOCKBREAKER MOBIL TERBAIK

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.