West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

Mengenal Fungsi Karet Stabil Mobil dan Efek dari Kerusakannya

karet stabil

Mengenal Fungsi Karet Stabil Mobil dan Efek dari Kerusakannya

karet stabil

Karet Stabil atau biasa disebut sebagai batang stabilizer atau batang karet anti-roll merupakan salah satu komponen penting dalam sistem suspensi mobil. Fungsi komponen tersebut yaitu mengurangi getaran dan guncangan yang disebabkan oleh ketidakstabilan atau perubahan berat badan saat mobil berbelok. Komponen ini terletak di antara suspensi depan atau belakang dan tubuh kendaraan, biasanya terhubung ke bingkai kendaraan dengan link atau tautan besi mobil.

Bagi pemilik mobil pribadi, Anda wajib mengenali fungsi utama Karet Stabil dan efek dari kerusakannya. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan keselamatan pada saat Anda bepergian dalam jarak dekat hingga jauh. Terlebih Anda bisa meminimalisir hal buruk yang terjadi di luar dugaan. Karena itu kami akan berikan informasi lebih lanjut tentang komponen tersebut.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Fungsi Utama Karet Stabil Mobil 

Berikut ini merupakan beberapa fungsi utama Karet Stabil yang wajib Anda pahami. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Menjaga Kestabilan

Salah satu fungsi komponen tersebut pada mobil adalah membantu menjaga kendaraan tetap stabil saat berbelok atau bermanuver. Hal ini dapat mengurangi risiko tergelincir atau terbalik sehingga dapat meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Tentunya menjaga komponen agar tetap awet dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

2. Menjaga Kenyamanan Berkendara

Dengan mengurangi guncangan dan getaran, komponen mobil tersebut membantu menjaga kenyamanan saat berkendara. Ini mengurangi rasa goyang dan getar yang bisa dirasakan oleh penumpang, terutama saat melewati jalan yang buruk atau tidak rata.

3. Meningkatkan Traksi

Selain itu, komponen ini juga membantu menjaga traksi roda dengan jalan. Dengan menjaga stabilitas kendaraan, roda mobil tetap berada pada permukaan jalan yang tepat, terutama dalam kondisi jalanan yang licin atau berlumpur.

Baca juga ini:  Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Memperpanjang Usia Mobil

Yang terakhir adalah memperpanjang usia mobil. Apabila batang stabilizer tersebut masih berfungsi dengan baik, tentunya Anda tidak perlu keluar masuk bengkel untuk melakukan perawatan berkala. 

Kerusakan Pada Karet Stabil Mobil

Kerusakan pada batang stabilizer mobil dapat menimbulkan beberapa efek yang merugikan, di antaranya;

1. Ketidakstabilan Kendaraan

Jika komponen tersebut rusak atau aus, kemampuan kendaraan untuk menjaga stabilitasnya saat berbelok akan terpengaruh. Ini dapat menyebabkan kendaraan terasa tidak stabil, goyah atau miring saat bermanuver bahkan meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Guncangan Meningkat

Batang stabilizer yang rusak tidak dapat menyerap guncangan dan getaran dengan baik. Akibatnya, penumpang akan merasakan guncangan yang lebih besar dan getaran yang tidak diinginkan saat berkendara. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan dan mengganggu pengalaman berkendara.

3. Limbung Secara Tiba – Tiba

Efek kerusakan lainnya yaitu mobil akan limbung secara tiba – tiba. Itu karena Anda tidak menyadari adanya kerusakan pada batang stabilizer dan masih tetap mengendarai mobil tersebut sepanjang jalan.

4. Ban Jadi Cepat Aus

Batang stabilizer yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan ban depan atau belakang terpaksa menanggung beban yang tidak merata saat mobil berbelok. Hal ini dapat menyebabkan ban aus lebih cepat pada satu sisi, sehingga mengurangi umur pakai ban dan menghasilkan biaya penggantian yang lebih tinggi.

5. Kerusakan Komponen Suspensi Lainnya

Kerusakan lain yang memungkinkan terjadi yakni menyebabkan beban yang tidak merata pada komponen suspensi lainnya seperti batang stabilizer, shock breaker atau per yang terhubung. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada sistem suspensi dan mengharuskan Anda mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Baca juga ini:  Stabilizer Bar: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apabila Anda mendeteksi adanya kerusakan pada Karet Stabil mobil, disarankan untuk segera membawa kendaraan Anda ke mekanik terpercaya. Jika memungkinkan, Anda harus melakukan penggantian untuk menjaga kinerja dan keamanan optimal kendaraan Anda. Jika Anda membutuhkan karet stabil berkualitas, segera kunjungi situs protoflex.id.

Upgrade Karet Stabil dengan Protoflex Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Rusak

Cara agar karet stabil tetap awet dan tahan lama adalah dengan menggantinya menggunakan produk Protoflex. Protoflex menggunakan Polyurethane khusus untuk performa dan kondisi berkendara di Indonesia.

Manfaat yang Anda dapatkan adalah:

  • Meningkatkan responsivitas handling dan kemampuan sterering
  • Mengurangi gejala limbung (body roll) saat mengemudi dengan kecepatan tinggi
  • Memaksimalkan performa batang stabilizer pada kendaraan Anda
  • Mengurangi risiko oversteer, meningkatkan tingkat keamanan saat berkendara

BACA JUGA: PENYEBAB DAN CIRI-CIRI BUSHING ARM MENGALAMI KERUSAKAN

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.