West Java, IndonesiaMon - Sat: 9.00 AM - 17.00 PM

10 Ciri-ciri Kaki-Kaki Mobil Bermasalah, Langsung Cek!

kaki-kaki mobil bermasalah

10 Ciri-ciri Kaki-Kaki Mobil Bermasalah, Langsung Cek!

kaki-kaki mobil bermasalah

Kaki-kaki mobil bermasalah akan mengurangi kenyamanan berkendara Anda. Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang sangat penting pada bagian mobil, apa lagi jika kamu sedang dalam perjalanan yang lumayan jauh, hal ini perlu di perhatikan dan di cek dengan teliti supaya perjalanan yang kamu tuju bisa aman dan nyaman. Kaki-kaki mobil memiliki peranan penting terhadap performa mobil dalam hal pengendalian, penopang beban, daya cengkram terhadap medan jalan, dan kenyamanan dalam berkendara.

Jangan sampai di dalam perjalananmu menuju ke suatu tempat menjadi terhambat dikarenakan kaki-kaki mobil bermasalah, hal ini akan menjadi merepotkan apalagi jika kamu ada kegiatan penting yang harus datang dengan tepat waktu. selain keselamatan, waktu juga merupakan bagian hal yang penting.

Ingin berkonsultasi terkait produk Bushing Arm? Hubungi Kami di 0818950595

Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan kaki-kaki mobil ini agar kendaraan yang kamu pakai bisa aman dan nyaman. Kami akan memberitahu kepada kamu 10 ciri-ciri kaki-kaki mobil bermasalah, perhatikan dibawah ini:

BACA JUGA: KEUNGGULAN KARET SUSPENSI / BUSHING KARET POLYURETHANE PADA MOBIL

Ciri-ciri Kaki-Kaki Mobil Bermasalah

1. Terlihat Ban Yang Terkikis

Tanda kerusakan kaki-kaki mobil bermasalah yang pertama adalah bisa terlihat dari tapak ban yang terkikis tidak merata. Misalnya bergelombang searah dengan putaran roda mobil. Jika kondisi ini telah terjadi di ban mobil, biasanya menjadi tanda bahwa shockbreakernya rusak. Selain berpengaruh pada ban, shockbreaker yang telah rusak juga bisa membuat oli rembes.

2. Mengeluarkan Bunyi Dan Roda Bergoyang

Tanda kerusakan Yang kedua, Mobil yang terasa kurang stabil dan bergoyang ketika melintasi jalan bergelombang atau berlubang juga bisa jadi tanda kaki-kaki mobil bermasalah. Biasanya kerusakan ini diakibatkan oleh ball joint dengan gejala awalnya adalah terdengar bunyi pada kaki-kaki mobil dan roda bergoyang saat melintas di jalanan yang tidak rata. Getaran pada roda mobil akhirnya merembet pada bagian setir sehingga setir menjadi tidak stabil. 

Baca juga ini:  Kenali Penyebab Limbung pada Mobil dan Cara Mengatasinya

3.  Arah Roda Berubah

Tanda kerusakan yang lainnya adalah bisa dirasakan dan dilihat apakah ada masalah pada kaki kaki mobil atau tidak adalah pergerakan roda. Apabila roda mobil terasa tidak stabil saat dikendarai, bergerak ke kiri atau kanan, setir terasa liar, dan mobil terasa melayang, bisa jadi ada masalah di bagian tie rod. Jika terjadi hal demikian, maka bisa jadi kaki-kaki mobil bermasalah.

4. Mobil limbung saat di tikungan

Apabila mobil terasa limbung saat di tikungan, biasanya menjadi tanda bahwa bushing mengalami masalah. Komponen pendukung pada bushing yaitu stabilizer dan swing arm. Berfungsi untuk menstabilkan mobil saat di tikungan. Tanda kalau ada kerusakan pada bushing yaitu timbulnya suara, mobil terasa melayang, dan limbung saat berbelok.

Mobil yang terasa limbung juga bisa jadi ada kerusakan pada bagian suspensi. Suspensi berfungsi untuk meredam guncangan pada mobil. Apabila suspensi rusak, akan terasa guncangan jika melewati jalanan yang berlubang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Mobil akan terasa limbung saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

5. Muncul suara dengung 

Jika ada suara dengung yang terdengar dari bagian kaki-kaki mobil, bisa jadi bagian bearing yang bermasalah. Bunyinya terdengar seperti bunyi dengung atau bisa juga seperti suara logam tergerus saat mobil dikendarai dengan kecepatan yang rendah. Cara memastikannya yaitu dengan memperhatikan saat membelokkan roda saat mengendarai mobil. Apabila suara dengung hilang saat belok kiri, artinya bearing sisi kiri rusak. Sebaliknya juga, saat belok kanan dan suara dengungnya hilang, berarti bearing kanan telah terjadi kerusakan.

6. Per bermasalah 

Ciri kaki-kaki mobil bermasalah juga dapat dilihat dari per mobilnya. Per mobil biasanya jarang terjadi kerusakan, tetapi tidak menutup kemungkinan tetap bisa bermasalah. Tanda per yang telah rusak adalah adanya suara berderit atau efek bunyi seperti menggerus. Gejala ini akan muncul di bagian daun per. Sedangkan, kerusakan pada per keong biasanya tidak terasa, tetapi bisa patah dengan tiba-tiba.

Baca juga ini:  Tips Memilih Spesialis Kaki Kaki Mobil Terdekat

7. Ban aus 

Ban juga salah satu bagian kaki-kaki mobil. Biasanya pengguna mobil menyepelekan kerusakan di bagian ban ini dan hanya mengira kalau penyebab kerusakannya hanya salah memposisikan ban. Padahal, ban yang aus tidak merata juga bisa jadi karena kaki-kaki mobil bermasalah.

8. Velg Yang Retak Atau Penyok

Kondisi velg yang retak atau penyok bisa juga jadi tanda kerusakan kaki kaki mobil. Kondisi velg yang sudah tidak prima akan mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara mobil.

9. Spooring berubah 

Masih berkaitan dengan ban mobil, roda mobil yang jarang dilakukan spooring juga bisa terasa tidak selaras. Padahal, fungsi spooring yaitu untuk menyelaraskan sudut roda. Namun, kalau ternyata sudah sering melakukan spooring mobil dan sudut keselarasannya tetap berubah bisa jadi itu ciri tanda kerusakan kaki kaki mobil.

10. Rem terasa tidak nyaman

Yang terakhir, cara mengetahui adanya masalah pada kaki-kaki mobil yaitu dengan dengan merasakan kinerja rem. Apabila rem terasa kurang nyaman saat diinjak, bisa jadi memang ada masalah pada kaki-kaki mobil yang kamu kendarai.

Jika Anda sedang mencari bushing arm yang berkualitas, kami merekomendasikan protoflex.id. Di sana tersedia banyak bushing arm dan harganya pun sangat terjangkau. Protoflex dirancang khusus dengan menggunakan polyurethane grade industri untuk penggunaan otomotif, memberikan performa optimal yang sesuai dengan kondisi berkendara di Indonesia. Protoflex juga memberikan garansi seumur hidup sehingga Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitasnya.

BACA JUGA: STABILIZER BAR: PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJANYA

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.